KPU Kesulitan Kumpul Data Pemilih – FAJAR sulsel
News

KPU Kesulitan Kumpul Data Pemilih

kpu-1-1

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengajukan anggaran pelaksanaan Pilwali ke Pemerintah Kota Makassar sebesar Rp65 miliar. Angkatan tersebut mengalami peningkatan sebesar Rp25 miliar dari anggaran Pilwali sebelumnya sebesar Rp40 miliar.

“Anggaran yang kami ajukan sebesar Rp65 miliar berdasarkan perhitungan bersama oleh seluruh jajaran KPU Kota Makassar. Dan tentunya anggaran yang diajukan itu diharapkan bisa sesuai yang direalisasikan nantinya, ujar Abdullah Mansyur, Komisioner KPU Kota Makassar, kemarin.

Abdullah menjelaskan, sampai saat ini pihaknya tengah melakukan pemutakhiran data pemilih dan menguatkan sosialisasi ke berbagai intansi dan pemilih pemula. “Kami bekerjasama dengan berbagai departemen agama dan pendidikan untuk dapat melakukan sosialisasi di tingkat sekolah menengah atas yang juga termasuk kategori pemilih pemula,” terangnya.

Menurut Abdullah, untuk tahapan masih menunggu proses yang akan ditetapkan oleh Peraturan KPU (PKPU). “Kemungkinan besar hasil rumusan dari PKPU tersebut akan diberikan ke KPU pada Juni mendatang,” paparnya. Komisioner KPU Kota Makassar Divisi Data, Rahma Saiyed mengatakan bahwa saat ini pihaknya kesulitan mendapat data yang diperoleh di kelurahan maupun kecamatan.

Karena harus berkoordinasi terlebih dahulu ke walikota agar dapat diberikan data yang diminta oleh kelurahan maupun kecamatan. “Makanya kami akan melakukan kesepakatan bersama agar KPU mudah mendapatkan akses untuk mendapatkan data pemilih yang akan dievaluasi secara terus menerus. Hal itu untuk menghindari adanya data fiktif nantinya,” terangnya. (mg04/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top