Lembang Salu Butuh Tenaga Medis – FAJAR sulsel
News

Lembang Salu Butuh Tenaga Medis

Medi-Bato-Kendek1

*Sudah Dua Tahun Poskesdes Kosong

RANTEPAO–Poskedes yang terletak di Dusun Sarambu Sikore, Lembang Salu, Kecamatan Sopai, sampai detik ini, belum memiliki tenaga medis. Kekosongan Poskesdes itu sudah berjalan dua tahun.
Kondisi ini masyarakat telah melaporkan pada bupati Kalatiku Paembonan melalui kepala lembangnya.

Saat dilaporkan, hasilnya mendapat respon dari bupati dan dijanjikan untuk segera menempatkan petugas medis disana, karena masyarakat sangat berharap adanya tenaga bidan dan perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Mengenai kekosongan petugas medis Poskedes saya sudah laporkan kepada pak Bupati, dan beliau meresponnya untuk tetap mengusahakan namun kendalanya sampai saat ini Toraja Utara masih sangat kekurangan tenaga medis,” kata Kepala Lembang Salu, Medi Bato’ Kendek, kepada Palopo Pos, Rabu, 14 Desember 2016.

Medi juga mengatakan, dalam mengulas pernyataan bupati, kedepan akan diupayakan menempatkan tenaga medis di Poskesdes tersebut agar sarana dan prasarana kesehatan yang sudah ada tidak mubazir.

Janji bupati yang disampaikan oleh Medi itu, rupanya masyarakat tak sabar.
Mereka rata-rata menghendakinya agar secepatnya pemerintah daerah menempatkan tenaga medis di Poskedes tersebut.

Salah satu aktivis LSM yang berasal dari Lembang Salu sebut saja, Tinu’, mengatakan dirinya cukup prihatin dengan kekosongan Poskedes tanpa penghuni.

Tinu’ juga mengaku kalau masyarakat dari lembang itu setiap saat berharap agar segera ada petugas medisnya.

Alasannya, jika masyarakat hendak membutuhkan pengobatan atau ibu mau melahirkan drngsn terpaksa harus pergi ke RSU Elim di Rantepao yang jaraknya cukup lumayan jauh.

“Kekosongan tenaga medis pada Poskedes di Dusun Sarambu Sikore tidak boleh dibiarkan lama-lama oleh pemerintah, masyrakat kan punya hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang tepat dan cepat,”ungkap Tinu.

Untuk itu, sebut Tinu’ janji yang telah disampaikan bupati itu agar cepat direalisasikan, meski Toraja Utara masih kekuranga tenaga medis.
“Ya bagaimanalah kebijakan bupati agar harapan masyarakat terkait dengan penempatan tenaga medis di Poskedes itu secepatnya direalisasikan,”tutup Tinu.(uka/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top