Nobatkan Bali, Destinasi Terpopuler Akhir Tahun se Asia – FAJAR sulsel
News

Nobatkan Bali, Destinasi Terpopuler Akhir Tahun se Asia

DENPASAR – Mau liburan akhir tahun ke tempat yang paling oke se-Asia? Destinasi rujukan traveller dunia? Arahkan langkah kaki Anda ke Pulau Dewata, Bali. Jangan nengok ke kiri dan ke kanan. Jelang pergantian tahun, ikon pariwisata Indonesia itu dinobatkan TripAdvisor menjadi tujuan wisata akhir tahun terpopuler se-Asia selama periode 1 Desember 2016 – 28 Februari 2017.

Kalau TripAdvisor yang sudah memberi guidance, tidak ada searching engine untuk traveller lain yang lebih berpengaruh, dan lebih dipercaya selain American travel website company yang sudah berusia 16 tahun itu. “Kami sudah membuat daftarnya. Bali memang menjadi tujuan wisata akhir tahun, perayaan Tahun Baru China dan Hari Valentine terpopuler,” kata Janice Lee Fang, Direktur Komunikasi TripAdvisor Asia Pasifik, Rabu, 14 Desember 2016.

TripAdvisor itu berbasis pada testimoni travellers. Apa kata para travellers itu diposting di website yang didirikan oleh Stephen Kaufer itu. Orang kecewa, atau suka, biasa diposting di media social. Tetapi para traveller, menilai apa saja, semau mereka, komentar apa saja, tentang destinasi maupun industri pariwisata,

Nama Bali pun menjadi makin nge-hits. Maklum, TripAdvisor adalah situs wisata terbesar di dunia. Ulasannya kerap dijadikan wisatawan dalam merencanakan dan memesan perjalanan wisata. Jangkauannya? Sangat luas. Saat ini, tercatat ada 350 juta pengunjung setiap bulannya yang meng-klik TripAdvisor. Angka ini paralel dengan lebih dari 320 juta ulasan dan opini tentang 6,2 juta akomodasi, restoran, dan objek wisata di seluruh dunia.

Dan faktanya, pesona Bali memang tidak bisa terbantahkan. Kibaran nama besarnya mampu mengalahkan Luzon (Filipina), Hong Kong, Bangkok (Thailand), Tokyo (Jepang), Singapura, Boracay (Filipinia), Phuket (Thailand), Pulau Cebu (Filipina) dan Seoul (Korea Selatan). Selebritis dunia seperti Marilyn Monroe, Charlie Caplin, Paris Hilton, Julia Roberts, Katy Perry, Christina Aguilera, Aston Khucher, Justein Bieber, Jennifer Lopez, Nicole Kidman, David Beckham, Victoria Beckham, Cristiano Ronaldo, Richard Gere, dan masih banyak lagi pernah berlibur ke Pulau Dewata. Segudang prestasi internasional juga sudah ditorehkan destinasi yang menyumbangkan 40% wisman ke Indonesia itu. Di antaranya, terbaik di Asia dan Runner up dunia 2015 versi majalah Travel+Leisure.

Wisata yang ditawarkan? Sangat komplit. Bahari, under water-nya, adventure, sport tourism, gunung, MICE, trekking, religi, budaya, semuanya ada. Pantai Kuta, Pura Tanah Lot,Pantai Padang-Padang, Danau Beratan Bedugul,Garuda Wisnu Kencana, Pantai Lovina, Pura Besakih, Pura Uluwatu, Pantai Jimbaran, Monkey Forest, Tanjung Benoa, Danau Batur Kintamani,Tari Kecak Uluwatu, Arung Jeram Sungai Telaga Waja, semuanya keren. Semuanya sudah world class. Itulah yang membuat Bali dinobatkan TripAdvisor menjadi tujuan wisata akhir tahun terpopuler se-Asia selama periode 1 Desember 2016 – 28 Februari 2017.

Selain merilis nama-nama destinasi favorit, TripAdvisor juga mencantumkan biaya rata-rata dalam seminggu dari tempat penginapan, menu makanan, tiket pesawat dan atraksi wisata di setiap kawasan. “Kami membuat daftar ini untuk memudahkan wisatawan yang sudah mulai menyusun rencana perjalanan wisata di akhir dan awal tahun ini,” ujar Janice.

Wisatawan dengan anggaran yang minim bisa memilih Bangkok, karena seminggu berwisata di sana diperkirakan hanya menghabiskan dana sekitar Rp16 juta-an, termasuk hotel, makan, tiket pesawat dan atraksi wisata.

Jika punya anggaran yang lebih besar, wisatawan disarankan memilih Bali. Cost yang dikeluarkan tak jauh beda dengan Bangkok. Selisihnya hanya Rp 2 juta. Tapi di Bali, wisatawan bisa mendapatkan paket liburan yang lebih komplit dan berkelas dengan perkiraan dana sekitar Rp18 juta-an.

Inilah yang membuat Menpar Arief Yahya sangat yakin, target kunjungan wisman ke Indonesia akan mencapai target 12 juta sampai akhir Desember 2016. Hingga bulan Oktober 2016, selama 10 bulan, masih on target, sesuai dengan angka proyeksi yang dicanangkan oleh Kemenpar. “Dengan go digital, kita semakin optimis menjemput target yang semakin menanjak tinggi,” kata Arief Yahya. Tahun 2019, Presiden Joko Widodo mentargetkan 20 juta, atau naik double, dari 9,3 juta menjadi 20 juta. Tetapi, presiden juga sudah menjanjikan untuk menaikkan 4-5 kali budget promosi pariwisata dan semua Kementerian dan Lembaga harus mensupport Kemenpar, dalam bungkus “Indonesia Incorporated.”.(*)

Destinasi wisata akhir tahun terpopuler se-Asia periode 1 Desember 2016 – 28 Februari 2017 beserta perkiraan anggaran wisata selama seminggu versi TripAdvisor:

  1. Bali, Rp18.590.000
  2. Luzon, Rp17.550.000
  3. Hong Kong, Rp26.810.000
  4. Bangkok, Rp16.540.000
  5. Tokyo, Rp26.750.000
  6. Singapura, Rp22.660.000
  7. Boracay, Rp19.880.000
  8. Phuket, Rp18.940.000
  9. Pulau Cebu, Rp17.420.000
  10. Seoul, Rp25.360.000

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top