Semen Dominasi Arus Peti Kemas – FAJAR sulsel
News

Semen Dominasi Arus Peti Kemas

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Terminal Peti Kemas (TPM) Makassar mencatat jenis barang terbanyak yang dimuat oleh perusahaan Pelindo IV tersebut dari Januari hingga November adalah semen. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Asisten Manajer Operasi TPM Makassar, Burhanuddin. Besaran semen yang dimuat di TPM Makassar sebanyak 800.923 ton.

Jumlah itu mengalahkan barang-barang lainnya semisal beras, semen, terigu, gula, jagung, makanan ternak, coklat, dan lainnya. “Berdasarkan data kami, kelompok kedua setelah semen adalah beras 422.579 ton, terigu 352 494 ton, gula pasir 258.182 ton dan jagung 216.654 ton,” ujarnya, saat dimintai keterangan di TPM Makassar, Rabu (14/12/16).

Dari data tersebut, dominasi arus barang TPM Makassar berasal dari kelompok bahan bangunan dan kebutuhan pokok manusia. Sementara itu, mulai dari Januari hingga November 2016, TPM Makassar juga mencatat kondisi bongkar barang pada arus peti kemas di pelabuhan mencapai 250.560 Teus atau 4.128.089 ton.

Sedangkan kondisi muat barang pada arus peti kemas di pelabuhan mencapai 143.639 Teus atau 2.679.853 ton. Hal ini menunjukkan kondisi bongkar barang lebih besar volumenya ketimbang muat barang di pelabuhan. Burhanuddin pun membeberkan asal barang (bongkar) di pelabuhan datang dari Surabaya, Jakarta, Banjarmasin, Bitung.

“Kalau tujuan barang (muat) juga kebanyakan mengarah ke Jakarta, Surabaya, Bitung, Ambon. Jayapura juga ada,” ujarnya. Sementara jenis barang yang dibongkar di pelabuhan kebanyakan dari barang campuran, elektronik, karton, keramik, juga makanan dan minuman. (mg3/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top