Thahar: Deteksi Dini Gejolak di Masyarakat – FAJAR sulsel
News

Thahar: Deteksi Dini Gejolak di Masyarakat

MASAMBA – Wakil Bupati Luwu Utara, Muh Thahar Rum mengajak seluruh pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Luwu Utara untuk senantiasa meningkatkan deteksi dini terhadap kemungkinan gejolak yang terjadi di masyarakat.

“Deteksi dini berbasis masyarakat perlu digali, digalang, dan diarahkan menjadi suatu gerakan aksi terpadu yang nyata dan bermanfaat. Dengan begitu, kita dapat meminimalkan sedini mungkin gejolak yang muncul dengan meletakan nilai budaya dan kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Luwu Utara,” kata Thahar saat membuka rapat Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Luwu Utara, Selasa 13 Desember lalu.

Masih menurut Thahar, isu terhadap penistaan Alquran dan isu gerakan makar yang saat ini menjadi trending topik, agar masyarakat Luwu Utara tidak mudah terprovokasi. Apalagi masyarakat Luwu Utara dikenal heterogen.

“Kita jaga citra Luwu Utara yang selama ini nyaman dan kondusif sebagai salah satu modal investasi di Luwu Utara sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 yakni mewujudkan ketertiban umum, keamanan yang kondusif dan memberikan perlindungan kepada masyarakat,” lanjutnya.

FKDM dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah. Tujuannya, mendorong dan memotivasi peran aktif masyarakat untuk ikut mewaspadai berbagai hal yang berpotensi menjadi ancaman terhadap kehidupan masyarakat. (hms/him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top