Unhas Dukung Cetakbiru Percepatan Swasembada Pangan – FAJAR sulsel
News

Unhas Dukung Cetakbiru Percepatan Swasembada Pangan

MAKASSAR, UPEKS — Blueprint atau cetakbiru percepatan swasembada pangan nasional digagas di Universitas Hasanuddin, tepatnya di Ruang Pertemuan LKPP Unhas.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Kawasan Timur Indonesia (KPTN-KTI) saat rapat koordinasi di Universitas Mulawarman 11 November lalu. Pada pertemuan tersebut disepakati agar dukungan tridharma perguruan tinggi se-KTI fokus pada program nasional swasembada pangan.

Rektor Unhas Prof.Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dalam sambutannya mendukung sepenuhnya cetakbiru percepatan swasembada pangan nasional digagas di Unhas.

“Sebagai perguruan tinggi terdepan di KTI, Unhas akan terus berkontribusi dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi bangsa ini, seperti masalah pangan ini,” kata Dwia.

Sejak tahun 2015, lanjut Rektor, Unhas telah membantu kementerian pertanian dalam berbagai program yang menunjang kebijakan pemerintah.

“Ada program pendampingan yang dilakukan untuk meningkatkan produksi padi, jagung, dsb. Ada program pengembangan dan penguatan Desa Mandiri Benih. Ada program survei dan desain pencetakan sawah baru di Provinsi Sulsel,” Dwia merinci.

Kegiatan yang bertajuk Penajaman Gagasan Dalam Rangka Swasembada Pangan Nasional ini diikuti 29 perguruan tinggi se-KTI.
Dekan Fakultas Pertanian, Prof.Dr. Sumbangan Baja, M.Sc mengatakan, lauaran kegiatan ini akan menghasilkan grand desain dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional yang akan disampaikan ke kementerian pertanian.

“Swasembada ini akan difokuskan pada 7 komuditas, yaitu: padi, jagung, kedelai, cabe, bawang, tebu, dan sapi,” jelasnya.
Hadir dalam kesempatan ini Ketua KPTN-KTI yang juga Rektor Universitas Mulawarman Prof.Dr. Masjaya, M.Si dan Direktur Eksekutif KPTN-KTI Dr. A. Ilham Mahmud. (mg05/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top