Wagub Tindaklanjuti Temuan BPK – FAJAR sulsel
News

Wagub Tindaklanjuti Temuan BPK

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, menegaskan komitmennya terkait penataan pengelolaan keuangan daerah.

Karena itu, semua hasil temuan BPK yang dinilai perlu pembenahan akan secepatnya ditindaklanjuti.Menurutnya, Pemprov Sulsel sejak lama berkomitmen memberi perhatian khusus terhadap penyelesaian temuan hasil pemeriksaan, dengan harapan kinerja penyelenggaraan pemerintahan akan semakin membaik.

Soal predikat opini WTP yang diterima Sulsel enam kali berturut, lanjut dia, dinilai sebagai tantangan. “Kita tidak boleh puas sampai disitu, justru ini menjadi tantangan untuk berbuat lebih baik termasuk pelaksanaan tindaklanjut hasil pemeriksaan BPK,” kata Agus dalam acara Pembukaan Pembahasan Tindaklanjut Hasil Pemeiksaan BPK Semester II Tahun 2016 di Kantor BPK Perwakilan Sulsel, Rabu (14/12/16).

Lebih lanjut, orang nomor dua Sulsel itu berharap agar kinerja instansi pemerintah dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan hasil pengawasan, termasuk penyelamatan uang negara dan daerah jika ternyata terdapat temuan kerugian keuangan negara.

Agus menilai, penerapan konsep akuntabilitas menjadi penting dalam paradigma penyelenggaraan pemerintahan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Yang tidak kalah pentingnya adalah pengelolaan keuangan yang mampu mendorong peningkatan kinerja pemerintahan, sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” katanya.

Menurut mantan Ketua DPRD Sulsel ini, konsep tata kelola pemerintahan yang baik hanya dapat diwujudkan dengan melakukan transparansi dan akuntabilitas terhadap sumber daya yang dikelola.

Dia menambahkan, jika hal tersebut dilakukan dengan baik, maka kepercayaan masyarakat dapat meningkat, yang secara tidak langsung dapat memperkuat legitimasi pemerintah yang berakibat semakin tingginya animo masyarakat untuk bersinergi positif dengan pemerintah dalam membangun tata kelola yang baik.

“Dalam mengelola keuangan, selain memperhatikan aspek akuntabilitas, juga harus memberi perhatian khusus terhadap kinerja nyata bagi masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulsel, Andi Kangkung Lologau menegaskan, semua hasil pemeriksaan BPK wajib ditindaklanjuti oleh pejabat yang diperiksa, dan selanjutnya BPK wajib memantau tindaklanjut hasil pemeriksaan.Andi Kangkung berharap, dengan pertemuan pembahasan tindaklanjut hasil pemeriksaan tersebut, semua daerah bisa menyelesaikan temuan hasil pemeriksaan, sehingga presentase tindaklanjut terus meningkat.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top