Belum Defenitif, Plt Kadis Masih akan Diseleksi – FAJAR sulsel
News

Belum Defenitif, Plt Kadis Masih akan Diseleksi

Dahri-saleng

*Dahri Suli Pertanyakan Pelantikan OPD Baru

PALOPO — Simpang siurnya opini di masyarakat soal pelantikan Plt OPD baru di tubuh Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo. Dahri Suli, Anggota Komisi I DPRD Kota Palopo meminta kejelasan dari
Kepala BKD Palopo, Dahri Saleng.

“Kita harus clearkan pertanyaan publik. Ini kan rasa penasaran publik di Kota Palopo terlalu tinggi kalau persoalan pemerintahan,” kata Dahri Suli, Kamis 15 Desember 2016 kemarin pada rapat pembahasan Ranperda APBD TA 2017.

Dahri Suli menyebutkan, setelah mendengar penjelasan BKD, yang dilantik resmi adalah eselon dua ke eselon dua. Yang lain hanya pemberian tugas sebagai pelaksana tugas sekertaris. Itu terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017,” kata Dahri Suli kepada Palopo Pos, usai tatap muka dengan BKD Palopo.

Berdasarkan keterangan dari BKD, keberadaan Plt OPD baru pada rapat Pembahasan Ranperda APBD TA 2017, adalah untuk melakukan pengawalan pembahasan di DPRD.

“Kan rancu, kalau ada OPD-nya kemudian tidak ada yang hadir dalam pembahasan RKA 2017. Makanya dibentuklah Plt pada OPD baru. Ini juga merupakan desakan DPRD untuk disiapkan Pltnya,” ucap Legislator partai PKB ini.

Alasan adanya pelaksana tugas pada OPD baru, menurut Dahri Suli, karena Pemkot ada keinginan untuk menerapkan lelang jabatan sesuai peraturan menteri.

“Lelang jabatan memberikan kesempatan bagi PNS yang memiliki kemampuan untuk mengisi jabatan kepala dinas. Lelang jabatan memberikan kesempatan bagi PNS yang lain untuk berkompetisi,” sebutnya.
Senada juga diungkapkan Kepala BKD Palopo, Dahri Saleng, kata dia, yang dilantik adalah sekertarisnya, kemudian di Plt-kan di kepala dinas. “Itulah yang dilantik, kalau eselon dua dibacakan Plt-nya,” sebut Dahri Saleng.

Ia menjelaskan, seharusnya diseleksi dulu sesuai UU SDM tentang promosi. Makanya harus diseleksi dulu siapa yang akan menduduki jabatan kepala dinas.

Untuk saat ini, kata dia, yang berdinas masih pejabat lama. Itu hingga 31 Desember 2017. Nanti setelah 1 Januari 2017, baru Plt pada masing-masing SKPD menjalankan tugasnya. “Kalau kehadiran Plt OPD baru di rapat ini, adalah untuk mengawal RKA APBD 2017,” tandasnya.(ara/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top