Besok, US Berbasis Komputer Berakhir – FAJAR sulsel
News

Besok, US Berbasis Komputer Berakhir

*Diikuti 1.303 Peserta

PALOPO–Untuk mengetahui pengetahuan siswa terhadap hasil belajar selama satu semester ini, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Palopo menggelar Ujian Semester (US) Berbasis Komputer, 1-17 Desember 2016.

Setelah sukses sebagai salah satu penyelenggara UNBK bersama empat sekolah tingkat SMA/SMK lainnya di Kota Palopo, SMKN 1 kembali menggelar ujian online berbasis komputer yang diikuti oleh 1.303 siswa mulai dari kelas X hingga XII
Wakil Kepala SMKN 1 Palopo, Drs Atim yang ditemui Palopo Pos, Kamis, 15 Desember 2016 kemarin membenarkan bahwa, pihaknya memang mengelar ujian semester berbasis online untuk kelas X hingga XII yang diikuti oleh 1.303 siswa sebagai implementasi Kurikulum 13 sementara untuk kelas XI dan XII masih seperti biasanya dengan ujian online.

“untuk komputer yang disiapkan ada sekitar 200-an yang terbagi di enam ruangan, jadi para siswa ini ujian semester delapan shift dalam sehari, setiap shift diberikan durasi selama 60 menit,” sebutnya.
“Ini dilakukan mengingat peserta mencapai hingga ribuan orang,” ujar Atim.

“Hal ini selain membudayakan sistem komputerisasi di sekolah juga sebagai imlementasi K-13, apalagi dewasa ini, kehidupan kita tidak lepas dengan dunia komputerisasi, ini juga melihat berlatar dari pengalaman yang lalu dimana sekolah dianggap cukup sukses sebagai penyelenggara UNBK,” ungkapnya.

Disampaikan Atim, dari sistem online ini bukan hanya siswa yang diharuskan melek terhadap teknologi namun juga para guru yang merupakan panitia penyelenggara.

“Untuk itu beberapa waktu lalu ini para guru diberikan pengetahuan mengenai aplikasi ujian online sebagai persiapan penyelenggaraan Ujian Semester berbentuk online yang menggunakan aplikasi Exam Caraka,” tambahnya.

“Pada sosialisasi tersebut para guru ditatar mengenai menggunakan aplikasi Exam Caraka yang digunakan untuk ujian semester mendatang, salah satu contohnya mengetik soal dengan menggunakan aplikasi,”
kunci Atim.(ich)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top