Di Palopo, Banyak Polisi Masih Ngontrak – FAJAR sulsel
News

Di Palopo, Banyak Polisi Masih Ngontrak

* Wakapolri Janji Siapkan Perumahan untuk Anggota

PALOPO — Kabar Polri kerja sama dengan REI menyiapkan rumah bagi anggotanya, sudah sampai ke telinga Kapolres Palopo AKBP Dudung Adijono. Ia sangat mendukung. Karena anggota polisi di Palopo masih banyak yang belum punya rumah. Mereka masih kosan dan ngontrak rumah.

”Ini program kapolri sangat bagus. Menyiapkan rumah bagi anggota polisi. Saya sudah tahu ini,” tandas kapolres AKBP Dudung Adijono.
Hanya saja, kata dia, untuk kelanjutannya tinggal menunggu instruksi untuk menentukan lokasi perumahan. “Terus terang. Polisi di Palopo masih banyak yang kost dan kontrak rumah, samalah dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia,” paparnya.

Kapolres Palopo menambahkan, jika program tersebut telah berjalan, ia sangat mempersilahkan polisi yang tidak memiliki rumah atau yang masih kost untuk mendaftarkan dirinya.

Program penyiapan rumah subsidi bagi anggota polisi jumlahnya cukup banyak.
Rumah subsidi yang disiapkan mencapai 450 ribu rumah untuk anggota yang jumlahnya sama.

Wakapolri Komjen Syafruddin menuturkan, jumlah anggota Polri itu mencapai 450 ribu orang. 90 persennya merupakan bintara dan mereka semua membutuhkan rumah. ”Maka, kami menyiapkan rumah subsisi untuk anggota,” terangnya.

Sebagian besar anggota Polri, lanjutnya, dipastikan belum memiliki rumah. Sehingga, dengan rumah subsidi tersebut anggota Polri bisa mendapatkan kesejahteraan lebih. ”Uang muka cuma satu juta dan cicilannya juga hampir sama,” tuturnya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Rabu 14 Desember 2016.

Dia menuturkan, anggota Polri dengan pangkat Jenderal itu saja sebenarnya banyak yang kos karena belum memiliki rumah. Apalagi, seorang perwira menengah. ”Kami siapkan perumahan di semua daerah, jadi anggota tidak perlu khawatir,” paparnya.

Dengan rumah subsidi tersebut, diharapkan anggota Polisi juga semakin meningkat kualitasnya. Sebab, kebutuhan mendasarnya sebagian besar telah terpenuhi. ”Semakin memperbaiki kualitas,” jelasnya.

Tidak hanya program rumah subsidi, untuk memperbaiki kualitas Polri juga penyiapkan lelang jabatan. Setiap anggota bisa mendaftar untuk jabatan yang diinginkan. ”Sehingga, promosi jabatan tidak bisa disimpangkan,” paparnya.

Anggota yang mendaftar ini nanti akan dinilai. Profil yang masuk tiga besar nanti akan dibahas Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) dan dipilih yang terbaik. ”Sehingga tidak ada lagi permainan,” tuturnya.

Dia menuturkan bahwa Polri berupaya memperbaiki semua layanannya. Dengan semakin minimnya kemungkinan melakukan pungli, maka kinerja tentu akan jauh lebih baik. ”Sekarang Polri menuju perbaikan yang signifikan,” terangnya.(jpnn-mg2/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top