Luwu Raya Lesu, Dealer Truk Sasar Toraja – FAJAR sulsel
News

Luwu Raya Lesu, Dealer Truk Sasar Toraja

BOSOWA_MITSUBISHI

PALOPO–Sejumlah dealer mobil truk di Kota Palopo akhir tahun ini memaksimalkan penjualan mereka dengan menyasar dua Kabupaten di Toraja. Hal itu lantaran penjualan di Luwu Raya dinilai lesu hingga akhir bulan ini.

Dua dealer tersebut Yakni PT. Bosowa Berlian Motor yang memasarkan Mitsubishi dan PT. Isuzu Mobilindo Plaza yang memasarkan Truk Isuzu Hermanto, Supervisor Isuzu Mobilindo Plaza Cabang Palopo, Kamis 15 Desember 2016, Dua Kabupaten di Toraja yakni Tana Toraja dan Toraja Utara saat ini dijadikan fokus pemasaran lantaran Kondisi ekonomi di Luwu Raya saat ini dinilai tidak memungkinkan untuk jor-joran, sementara pihaknya disisa dua minggu ini sedapatnya mendongkrak penjualan untuk bisa mencapai target.

“Adalah harapan penjualan di toraja. Itu melihat trend penjualan mulai November,” Katanya. di dua kabupaten tersebut saat ini sedang banyak event, para perantau toraja pun bulan ini banyak yang berdatangan. Kecenderungan mereka tentunya bisa melakukan pembelian bahkan sampai cash. Apalagi ditambahkannya, truk sangat familiar sebagai moda transportasi mereka disana. “Karna itu lebih baik kita mengarah kesana (jualan di toraja. red),” katanya.

Kondisi di Luwu Raya saat ini dinilai tidak menguntungkan. Itu karna sektor pertanian yang menjadi tumpuan untuk pemasaran tidak mendukung. Khususnya di Wilayah Luwu Timur. Apalagi wilayah lainnya di Luwu Raya seperti Luwu Utara, Luwu dan Kota Palopo sendiri sebagai tumpuan dari sektor pembangunan pemerintahan yang juga tidak begitu besar. “Harapan kita sebagai dealer truk, jika banyak proyek tentunya penjualan pun bisa bagus. Dan saat ini tidak begitu nampak,” jelasnya.

Terkait penjualan ditahun ini pihaknya mengakui adanya penurunan. “Bagusnya penjualan itu di awal tahun 2016, semester pertama dengan target penjualan tahun sebesar 150 unit. Kami merasakan penjualan. Namun secara akumulatif belum memenuhi target,” Katanya. Di Kabupaten Luwu pesanan lancar di bulan 1 hingga bulan 2, sementara bulan 3 dan 4 di Luwu Timur, selebihnya merata di semua kabupaten di Luwu Raya. “SPK kami, sebenarnya banyak. Realisasi yang tidak terpenuhi karna adanya pertimbangan leasing,” aku Hermanto.

Demikian halnya dengan Bosowa Berlian Motor sebagai main dealer Truk Mitsubishi. Ia juga memfokuskan penjualan mereka ke Toraja. Dua daerah tersebut dinilai potensial untuk akhir bulan ini. “Kita maksimalkan Toraja untuk mendongkrak penjualan di akhir tahun,” Kata Suryadi SE, Branch Manager Bosowa di Kota Palopo, kemarin. Selain Toraja, pilihan keduanya adalah Luwu Timur untuk customer loyal. Pihaknya masih berharap banyak di kabupaten tersebut, “Adalah petani yang memang menjadi customer loyal kami disana. Jadi, Luwu Timur masih menjadi pilihan lainb setekah toraja,” katanya. Namun untuk pemsaran produk, di Toraja pihaknya memasarkan truk 4 roda, sementara Luwu Timur 6 roda.

Terkait penjualan di tahun ini pihaknya juga mengaku lesu. “Untuk segmen truk, hingga saat ini kami baru realisasi 80 persen,” ujarnya. Jauh dari penjualan tahun lalu. “Insya Allah kami akan maksimalkan sesuai target sebanyak 30 unit,” Tandasnya. (ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top