None Lawan Kuat Danny – FAJAR sulsel
News

None Lawan Kuat Danny

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pemilihan calon walikota dan wakil walikota Makassar tersisa satu tahun lebih. Sejauh ini, popularitas dan elektabilitas Mohammad Ramdhan Danny Pomanto masih mengungguli sejumlah nama yang disebut bakal menjadi penantang. Seperti Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPRD Sulsel Sri Rahmi, Legislator PKS di DPRD Kota Makassar Mudzakkir Ali Djamil, Legislator Partai NasDem di DPRD Sulsel Andi Rachmatika Dewi.

Kemudian Legislator PDIP di DPRD Sulsel Rudy Pieter Goni, Sekretaris Kota Makassar Ibrahim Saleh, dan bahkan wakil walikota Makassar Syamsu Rizal. Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Arqam Azikin menilai hanya ada dua figur yang bisa menjadi tandingan sepadan Danny Pomanto baik itu dalam popularitas maupun elektabilitas. Yakni Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo atau None serta Wakil Ketua Partai Gerindra Sulsel Idris Manggabarani (IMB).

“Kalau None dan Idris maju sebagai calon walikota, maka tentunya pertarungan akan semakin seru. Apalagi None yang di Pilwali lalu none menempati urutan ke dua dari hasil perolehan suara,” sebut Arqam, kemarin. Menurut Arqam, None memiliki basis massa yang juga cukup besar di Makassar. Kemudian Idris Manggabarani juga sangat berpontensi menjadi lawan terberat Danny.

Meski begitu, Arqam menambahkan, kalau untuk memprediksi secara jelas tentang calon yang akan maju tentunya masih terlalu dini. Apalagi belum ada figur yang secara resmi mendeklarasikan diri. “Perlu kita ketahui bahwa banyaknya figur yang telah dibicarakan oleh masyarakat. Tapi itu belum bisa menjadi landasan kuat untuk menetapkan bahwa figur tersebut akan maju di Pilwali. Karena figur dimaksud belum tentu lolos dalam tahap seleksi nantinya,” tandas Arqam.

Arqam pun memastikan bahwa Pilwali 2018 akan lebih seru ketimbang sebelumnnya. Selain karena bersamaan Pilgub, tentunya kominakasi politik yang terbangun di partai politik dan masyarakat sangat pesat. “Tinggal bagaimana kemungkinan-kemungkinan potensi yang terjadi di pilwali di perjelas untuk lebih mudah membaca peta politik yang terjadi,” katanya. Sebelumnya, Dosen Ilmu Komunikasi Unhas, Aswar Hasan menjelaskan bahwa kekuatan besar di Sulsel bisa saja menyatu di Pilwali Makassar nanti.

Itu jika None dan Ketua NasDem Makassar Andi Rachmatika Dewi ikut masuk bursa pencalonan. “Kalau Sel-sel lama yang mendukung mereka dapat dihidupkan kembali, maka Danny akan kesulitan. Apalagi kalau Husain Abdullah juga jadi maju berpasanagan dengan Deng Ical. Konstalasi politiknya akan semakin cair,”ujarnya.

Aswar Hasan mengakui jika None dan Cicu (Rachmatika Dewi) dapat menyatukan dua kekuatan Politik Keluarga (Yasin Limpo dan Ilham Sirajuddin). Meskipun pernah menjadi lawan di Pilkada Sulsel akan tetapi menurutnya, politik sangat begitu dinamis. “Kesimpulannya, None dan Cicu akan menjadi ancaman politik bagi Danny,”ujarnya. (mg04-and/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top