Gambar Mantan Gubernur Sulsel Hiasi Uang Rp20 Ribu – FAJAR sulsel
News

Gambar Mantan Gubernur Sulsel Hiasi Uang Rp20 Ribu

Diluncurkan Hari Ini

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Hari ini, Senin 19 Desember 2016, Bank Indonesia akan meluncurkan uang rupiah seri baru di seluruh Indonesia.

Ada 12 wajah pahlawan nasional, salah satunya mantan Gubernur Sulsel, Dr Ratulangi. Gambar Dr Ratulangi akan terpajang pada uang pecahan Rp20 ribu. Ratulangi hampir separuh hidupnya, buah pikirannya, perjuangannya dan dedikasinya untuk Indonesia. Atas jasanya terhadap Nusa dan Bangsa, pemerintah Republik Indonesia menetapkan Dr Ratulangi sebagai Pahlawan Nasional.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi, mengatakan, pemilihan gambar pahlawan pada uang seri terbaru ini, diprioritaskan bagi provinsi yang belum terakomodasi dalam uang rupiah.

Selain itu, kata dia, penggunaan gambar pahlawan pada mata uang rupiah, diutamakan yang berjuang di lingkup nasional dan mempunyai dampak besar, serta memiliki ketokohan. “Ada 12 yang disetujui melalui forum, jadi penentuannya karena jasa-jasanya terhadap negara,” ungkap Suhaedi, Minggu (18/12/16) kemarin.

Menurut Suhaedi, desain uang baru tersebut sulit dipalsukan sebab dilengkapi dengan unsur pengamanan yang lebih kuat. Seperti color shifting, latent image, rainbow feature, ultra violet feature, rectoverso dan tactile effect.

Menurutnya, jika uang terbaru ini dilihat dari sisi rainbow feature, akan muncul gambar tersembunyi multi warna, berupa angka nominal khusus.

Sementara color shifting, jika dilihat dari sudut pandang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras. “Sisi latent image, akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan,” tuturnya.

Sementara dari sisi ultra violet feature, dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV.

Kemudian rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI. Tak hanya itu, desain uang tahun emisi (TE) 2016 dilakukan dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan. “Ujicoba sudah dilakukan, hasilnya dapat dirterima masyarakat” tambah Suhaedi.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, mengatakan, uang seri terbaru tersebut akan diluncurkan Senin, 19 Desember. Rupiah kertas yang akan diterbitkan, terdiri dari nilai nominal Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sementara rupiah logam terdiri atas pecahan Rp1.000, Rp500, Rp200, dan Rp100. “Uang yang lama tetap berlaku, namun BI menerima penukaran uang baru ini,” tutupnya. (met/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top