HARGA CABE MAKIN PEDAS – FAJAR sulsel
News

HARGA CABE MAKIN PEDAS

* Sentuh Rp50 Ribu perkilo, Itik Rp110 ribu per ekor

PALOPO–Sejumlah harga kebutuhan pokok di Pusat Niaga Palopo (PNP), Minggu kemarin melonjak naik. Khususnya kebutuhan bumbu dapur seperti cabe yang melonjak drastis.

Berdasarkan pantauan Palopo Pos, Sabtu dan Minggu harga cabe sudah melonjak hingga Rp50 ribu perkilo. Bumbu dapur ini berangsur-angsur naik dalam satu pekan ini. Mulai dari dari harga Rp25 ribu, naik menjadi Rp35 ribu Hingga Rp50 ribu perkilo. Hajrah, salah seorang pedagang di PNP saat diwawancara mengungkapkan kenaikan harga ini sejak pekan lalu. Ia mengakui harga saat ini tidak stabil, bumbu dapur khususnya cabe naik-turun. Khususnya satu pekan kemarin.

“Bisa saja hari ini turun, ehh.besok naik lagi. Seperti inimi,” tutur Hajrah, Sabtu 17 Desember 2016. Namun kondisi itu dinilai wajar saat akhir tahun. “Tahun lalu seperti ini juga. Bahkan sampai Rp100 ribu perkilo,” katanya.

Kadis Perdagangan, Amaluddin saat di konfirmasi malam tadi tidak menampik adanya lonjakan harga di pasaran. Karna ternyata tidak hanya harga Cabe saja Sejumlah kebutuhan dapur masyarakat pun banyak yang ikutan naik. “Karna itu, Besok (Selasa.red) kami akan cek pasar,” Katanya. Lanjut dikatakan, jika naik harga karna stok kurang, pihaknya akan melakukan operasi pasar. “Kita cek dulu kondisi yang ada,” terangnya.

Harga kebutuhan dapur seperti ikan, daging ayam potong hingga unggas jenis itik pun turut naik. Untuk harga ikan seperti balado per basket sampai saat ini naik hingga Rp550 ribu, Harga tersebut naik dari Rp400 ribu per basket. Sehingga pengecer menjual Rp45 ribu perkilo untuk 4 buah ikan. Hendrik, salah seorang pedagang ikan di Kota Palopo mengungkapkan naiknya harga ikan di PNP lantaran mayoritas nelayan saat ini memilih untuk tidak melaut lantaran cuaca buruk dan tutup buku. “rata-rata harga ikan laut itu naik. Kecuali ikan empang seperti bolu,” ujarnya.

Sementara itu harga ayam potong perkilo Rp20 ribu dari harga sebelumnya sebesar Rp17ribu. Begitupun dengan harga unggas mulai dari ayam kampung hingga itik hingga mencapai Rp110 ribu per ekor. (ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top