Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal – FAJAR sulsel
News

Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Universitas Muhammadiyah Makassar mengadakan rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka pengukuhan Guru Besar Prof Dr H Irwan Akib MPd. Prof Dr H Irwab Akib dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu pendidikan matematika. Pengukuhan berlangsung di Auditorium Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Minggu (18/12) kemarin.

Prof. Dr. Irwan Akib, M. P dalam pidatonya mengatakan masyarakat Bugis-Makassar memiliki kearifan lokal yang menjadi energi potensial dan tertuang dalam lontara. “Jadi nilai-nilai utama kebudayaan Bugis-Makassar yang dapat dibangkitkan melalui matematika yakni njhilai kejujuran, kesemestaan, kepatutan, dan keteguhan, kesepakatan, dan kesetiaan,” tuturnya. Irwan Akib menambahkan tentang ilmu matematika yang di dalamnya terdapat banyak sistem.

Menurutnya, satu dengan yang lain saling berkaitan juga bisa saling lepas, yakni sistem aljabar, aksioma dari group, sistem geometri netral. “Sistem yang saling berkaitan dan melepaskan terdapat konsistensi dan struktur yang memiliki nilai kebenaran. Dalam struktur tertentu dapat dikatakan bahwa dalam ilmu matematika tidak boleh terjadi kontrakdiksi,” katanya.

Dia pun menambahkan, manusia berkarakter di dalam dirinya terpatri nilai-nilai utama dalam sikap dan perilaku keseharian. “Matematika di satu sisi memiliki peranan penting dalam pembangunan dan melahirkan insan-insan. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika perlu ditingkatkan,” tutupnya. (mg05/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top