Wali Kota: Teladani Sifat Rasulullah! – FAJAR sulsel
News

Wali Kota: Teladani Sifat Rasulullah!

fotom-maulid1

-Festival Bunga Male Meriahkan Peringatan Maulid

PALOPO — Pelataran Masjid Agung Luwu Palopo, Sabtu 17 Desember 2016 pagi tak seperti biasanya. Berbagai macam dekorasi telur warna warni mewarnai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo. Ada sekitar 200 bunga male yang diperlombakan pagi itu.

Ratusan bunga male yang didekor meriah penuh dengan kreativitas ini berasal dari seluruh SKPD lingkup Pemkot Palopo, Instansi vertikal, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Majelis Taklim se Kota Palopo, serta seluruh sekolah yang ada di Kota Palopo.

Dalam sambutannya, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH menyampaikan apresiasinya atas partisipasi seluruh pihak yang telah ikut memeriahkan Festival Bunga Male ini. Dimana dalam sambutannya, orang nomor satu di Kota Palopo ini menyampaikan agar masyarakat Kota Palopo dapat meneladani sifat Rasulullah SAW.
”Sifat Rasulullah SAW wajib kita teladani sesuai dengan tema Maulid kita yakni kokohkan kecintaan dan keteladanan pada Nabi Muhammad SAW menuju Kota Palopo lebih bermartabat,” kata Wali Kota.

Mantan anggota DPRD Luwu ini menuturkan, Festival Bunga Male ini bertujuan merekatkan ukhuwah Islamiyah kita antar sesama muslim, sehingga tak ada sekat dalam kehidupan sehari-hari.

”Dengan demikian maka toleransi antar umat beragama dapat terjalin, sehingga keamanan dan ketertiban dapat terus terjaga di Kota Palopo,” sebutnya.

Sementara itu, pembawa hikmah Maulid dibawakan DR H Abdul Qahhar Lc, MA yang mengatakan, secara subtansial, perayaan Maulid Nabi adalah sebagai bentuk upaya untuk mengenal akan keteladanan Muhammad sebagai pembawa ajaran agama Islam. Tercatat dalam sepanjang sejarah kehidupan, bahwa nabi Muhammad adalah pemimipn besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya.

Dalam konteks ini, Maulid harus diartikulasikan sebagai salah satu upaya transformasi diri atas kesalehan umat. Yakni, sebagai semangat baru untuk membangun nilai-nilai profetik agar tercipta masyarakat madani (Civil Society) yang merupakan bagian dari demokrasi seperti toleransi, transparansi, anti kekerasan, kesetaraan gender, cinta lingkungan, pluralisme, keadilan sosial, ruang bebas partisipasi, dan humanisme.

”Keteladan Nabi Muhammad SAW patut dan wajib dijadikan panutan bagi kita untuk menuju Palopo lebih bermartabat. Dengan mengikuti sifat Rasulullah, mengajarkan kita menjadi pemimpin yang baik,” jelasnya.
Sebelum acara dimulai, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Palopo yang diketuai Asisten II, Drs Burhan Nurdin, M.Si melakukan penjurian bersama juri lainnya. Kategori penilaian pun dilakukan dengan melihat kreativitas dari bunga male yang mereka hias.

Kabag Kesra Setda Kota Palopo, Abd Waris menyebutkan, sekitar 200 bunga male ikut memeriahkan festival bunga male ini. Dan semuanya telah dilakukan penjurian, namun juara dalam festival belum diumumkan.
”Kami belum mengumumkan menunggu hasil dari seluruh tim juri yang belum terkumpul. Yang jelasnya akan dipublikasikan di media,” kata mantan Camat Wara Utara ini.

Saat ditanya hadiah yang akan diterima, Abd Waris menjelaskan akan diberikan uang pembinaan, namun tak menyebutkan jumlahnya.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top