Ayam Potong Rp55 ribu, Bebek Rp150 per Ekor – FAJAR sulsel
News

Ayam Potong Rp55 ribu, Bebek Rp150 per Ekor

PALOPO–Sampai saat ini harga kebutuhan masyarakat terus melonjak naik menjelang akhir tahun. Tidak hanya Kebutuhan bumbu dapur seperti Cabe, Bawang saja yang baru-baru mengalami kenaikan. Namun daging ayam potong pun mulai naik di pasaran.

Zakaria, salah seorang pedagang di Pusat Niaga Palopo, Senin 19 Desember 2016 mengatakan harga ayam potong baru saja naik. “Kenaikan harga ayam potong Tadi malam, (minggu malam.red),” katanya. Namun dikatakan kenaikan yang terjadi tidaklah besar. Harganya per kilogram Rp22.500 atau Rp 55 ribu per ekor dari harga sebelumnya sebesar Rp 50 ribu.

Menurutnya kenaikan harga yang terjadi saat menjelang akhir tahun bukanlah hal baru. Naiknya harga ayam potong saat ini lantaran stok yang berkurang. “Informasinya begitu dari pemasok,” kata Zakaria. Naiknya harga tersebut juga membuatnya sepi pembeli Senin kemarin.

Padahal menurutnya saat ini jualan harusnya lebih besar dari hari-hari biasa. Karna adanya hari raya dan jelang tahun baru. “Harapan kita penjualan lebih besar lagi,” katanya. Sampai saat ini, rata-rata per hari hanya menghabiskan sekitar 80 ekor. Hanya sedikit perbedaan dari hari hari biasa dengan rata-rata 70 ekor per hari.

Di PNP, tidak hanya daging ayam potong saja yang mengalami kenaikan. Daging bebek pun turut naik. Biasanya harga per ekor itu Rp100 ribu saat ini pedagang menjual dengan harga Rp150 ribu untuk bebek betina ukuran besar.

Demikian juga dengan daging ayam kampung yang juga mengalami kenaikan sebesar Rp65 ribu. Mika salah seorang pedagang unggas di PNP mengungkapkan, bebek saat ini sangat laris menjelang akhir tahun. “Banyak yang mau bikin dangkot,” paparnya. Karna itu harganya pun melonjak drastis.

Rusdi, Warga Anggrek sempat menggerutu naiknya harga di PNP saat ini. Tentunya ia berharap hal ini menjadi perhatian pemerintah. “Tidak bolehlah dibiarkan seperti ini. Kasihan kami pembeli,” katanya. (ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top