Damkar Miliki Mobil Tangki Kapasitas 8.000 Liter – FAJAR sulsel
News

Damkar Miliki Mobil Tangki Kapasitas 8.000 Liter

damkar

PALOPO — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Palopo kini memiliki satu unit mobil tangki dengan kapasitas 8.000 liter. Anggaran pengadaan mobil tangki ini berasal APBD 2016 Kota Palopo senilai Rp1,2 Miliar lebih. Dengan penambahan satu unit mobil tangki ini akan menambah jumlah armada Dinas Damkar dan Penyelamatan dalam melaksanakan tugasnya.
Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palopo, Drs Rachmad, M.Si kepada Palopo Pos mengatakan, pengadaan mobil tangki dengan kapasitas 8.000 liter ini melengkapi armada Damkar yang telah ada.

Dimana, sebutnya, pasokan air di lima armada Damkar terdiri dari 1 unit dengan kapasitas 5.000 liter, satu unit kapasitas 1.500 liter, satu unit kapasitas 3.300 liter dan 2 unit dengan kapasitas 3.000 liter. Sehingga totalnya 23.500 liter.
”Dengan kapasitas pasokan air tersebut, setidaknya saat terjadi kebakaran armada satu dengan lainnya mampu mensuplai air,” sebut Rachmad saat ditemui, Senin 19 Desember 2016.
Rachmad menjelaskan, kemampuan armada Damkar saat operasi pemadaman mengeluarkan air sebanyak 500 galon per menit dimana 1 galon terdiri dari 3,78 liter. Sehingga 500 galon itu jumlahnya 1.700 liter air yang dikeluarkan per menit.
Selain itu, Rachmad juga menjelaskan, saat ada peristiwa kebakaran, begitu personil tiba di lokasi langsung membentuk formasi pemadaman.

Sehingga dampak resiko kerugian terhadap harta benda korban kebakaran berkurang.
Ia mengungkapkan, saat ada laporan masuk terjadi kebakaran, dirinya tak mau terbuang waktu satu detik pun. Para personil Damkar sudah siap dalam 20 detik dan langsung menuju lokasi kebakaran.
”Saya tak memakai aturan yang telah ada karena saya anggap terlalu lama. Saya instruksikan dalam 20 detik seluruh personil sudah berada di mobil dan langsung menuju lokasi. Saya tak mau tahu apakah sudah berpakaian atau tidak. Berpakaian lengkap bisa dilakukan di dalam mobil. Makanya mereka semuanya sudah terlatih berpakaian di dalam mobil,” tegasnya.

Saat terjadi kebakaran, jelasnya, jika jarak tempuh sejauh 7,7 Km itu hanya ditempuh dalam waktu lima menit dan itu sudah menjadi keharusan bagi personil Damkar untuk tiba dengan cepat di lokasi. Untuk itu, personil Damkar dituntut sigap dan selalu siap setiap saat.
”Untuk itu idealnya Damkar palopo harus memiliki 6 sektor untuk meminimalisir waktu perjalanan menuju lokasi kebakaran. Untuk armada saat ini kami memiliki 11 unit mobil operasional Damkar, yang terdiri dari 5 unit mobil pompa air, 1 unit mobil rescue, 1 unit mobil komando, 1 unit mobil semi pompa, dan 3 unit mobil pompa portabel, serta tambahan 1 unit mobil tangki dengan kapasitas 8.000 liter, dengan jumlah personil sebanyak 51 orang,” jelasnya lagi.
Idealnya, lanjutnya, untuk mengcover keseluruhan penduduk Kota Palopo, harusnya ada sekitar 6 sektor kantor pemadam kebakaran. Dimana setiap sektor itu harus memiliki masing-masing 1 unit mobil pompa, 1 unit mobil tangki, dan 1 unit bak penampungan air baku (Tandem Air).
Tetapi untuk saat ini, Kota Palopo baru memiliki 2 sektor kantor pemadam kebakaran yakni sektor utara dan sektor timur yang dalam hal ini masih tahap pembangunan.
“Agar jika terjadi kebakaran di setiap wilayah, petugas Damkar bisa secepat mungkin tiba di lokasi dan segera melakukan pemadaman api karena setiap wilayah ada kantor sektor yang berada di sana,” jelasnya lagi.
Meskipun jumlah personil Damkar jauh dari kata ideal, namun personil Damkar tetap melaksanakan tugas dan amanah kemanusiaan yang harus dijalankan dengan profesional.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top