Fasilitas Pelabuhan Dimaksimalkan – FAJAR sulsel
News

Fasilitas Pelabuhan Dimaksimalkan

Sambut Natal dan Tahun Baru

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan terkait kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru 2017. Dengan pengawalan ketat, dia memeriksa segenap sarana dan prasarana utama dalam pelabuhan diantaranya kesiapan ruang tunggu, eskalator, sampai kebersihan dan kenyamanan toilet.

Setelah melakukan peninjauan, Budi Karya mengaku, puas dengan service yang diberikan pelindo IV Cabang Makassar kepada para pengunjung pelabuhan. “Saya rasa cukup baik yah. Bahkan penumpang juga bilang begitu. Tadi saya tanya dengan beberapa penumpang. Penumpang bilang cukup puas, bahkan tadi ada turis dari Polandia, dan ia merasa cukup puas juga dengan service yang diberikan,” ujarnya.

Budi Karya berharap kesiapan ini dijaga sampai datangnya tahun baru. “Saya harap ini bisa dijaga dan kebersihan juga tetap dijaga. Nanti juga kecenderungan berapa penumpang yang datang ke sini, harus dilihat. Bila mungkin harus ditambah servicenya, harus ditambahkan. Jangan sampai nanti ada orang yang ingin pulang kampung, mau ke Bau-Bau misalnya, mereka tidak mendapatkan kapal. Sekarang masih punya waktu untuk memberi tambahan-tambahan itu,” tegasnya.

Sementara itu, menurut General Manager Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar, Yosef Benny Rohy, maksimalnya kesiapan pelabuhan ini karena progres dari pihak Pelindo dalam membenahi fasilitas yang ada di dalam terminal penumpang. Jauh hari pembenahan ruang tunggu, toilet dan eskalator sudah dilakukannya.

Bahkan pihaknya juga telah menyediakan garbarata atau jembatan penghubung antar ruang tunggu dengan pintu masuk kapal. “Itu untuk memudahkan penumpang agar mereka tidak berdesak-desakan lagi, juga memberi kenyamanan yang baik untuk para penumpang utamanya mereka yang hendak mudik Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Bahkan, dalam rangka menambah tingkat keamanan pelabuhan, Yosef mengaku pihaknya telah menyediakan mode pemeriksaan dengan menggunakan metal detector di pintu masuk. Juga, hanya penumpang yang memiliki tiket yang bisa diperkenankan masuk. “Kami juga sudah memberlakukan boarding pass, seperti di sistem di bandara udara, untuk menambah tingkat keamanan,” ujarnya.

Di akhir kunjungannya, Budi Karya berharap bahwa tiga korporasi pelabuhan harus lebih kompak agar pelayanan di pelabuhan lebih maksimal “Ini kan ada tiga. Syahbandar, KSOP dan Pelindo. Biasanya sendiri-sendiri. Sekarang nggak ada masih ngurus satu tempat aja. Semua harus kompak. Sekarang sama-sama membuat bagaimana pelabuhan ini fasilitas ini makin baik untuk masyarakat,” tutupnya. (mg3)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top