Kas Keliling BI Edarkan Uang Rp2 Miliar – FAJAR sulsel
News

Kas Keliling BI Edarkan Uang Rp2 Miliar

SELAYAR, UPEKS.co.id — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Ekspedisi Kas Keliling di Pulau Selayar. Kegiatan Ekspedisi Kas Keliling merupakan tindak lanjut kerjasama TNI Angkatan Laut dan BI sebagai upaya implementasi clean money policy, yakni penukaran uang lusuh di masyarakat menjadi uang layak edar.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek Sisto, mengatakan, ekspedisi penukaran uang lusuh ini baru pertama kali dilakukan dan rencananya akan digelar sampai 22 Desember. “Selain kegiatan uang tidak layak edar, kita juga melakukan kegiatan termasuk sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah, juga sosialisasi ke-banksentral-an kepada siswa di SMK 1 Benteng, Selayar,” ujarnya saat dimintai keterangan pada kegiatan Ekspedisi Kas Keliling, di Pulau Selayar, Sulsel, akhir pekan lalu.

Wiwiek juga mengatakan, nominal uang yang dibawa untuk penukaran uang lusuh ini mencapai Rp2 miliar untuk seluruh pecahan dari pecahan kecil semisal seribu, dua ribu sampai seratus ribu. Kegiatan kas keliling itu sendiri dikawal langsung oleh TNI Angkatan Laut. Sementara uangnya dibawa dan dijaga ketat oleh porsenil TNI Angkatab Laut dengan menggunakan kapal perang Indonesia Kakap 811 yang dikomandani oleh Indra Nusha. “Melalui kas keliling ini, kami ingin memastikan bahwa uang layak edar sudah merata di masyarakat secara utuh. Kita juga memastikan di daerah inflasi bahwa inflasi bisa dikendalikan,” tegas Wiwiek.

Untuk ekspedisi ini, ada empat pulau yang akan dikunjungi BI di Provinsi Selayar. Di antaranya adalah Pulau Selayar, Bonerate, Koalatoa, dan Campea. Selain melakukan ekspedisi kas keliling, BI juga sudah bekerjasama dengan perbankan di Selayar untuk penukaran uang lusuh masyarakat. Makanya Wiwiek menegaskan jika ada di antara masyarakat Selayar yang uangnya lusuh dan tidak layak pakai silakan ditukar ke bank.

Sementara itu, Wakil Bupati Selayar,Zainuddin, sangat mendukung kegiatan ini karena bisa membawa dampak perubahan yang besar di Selayar. “Apalagi kan pulau-pulau di Kabupaten Selayar ini tidak ada perbankan. Maka kegiatan ini jelas memberi dampak positif bagi ekonomi masyarakat Selayar. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa diselelnggarakan rutin di Selayar. Karena Pemerintah Daerah sangat mendukung,” ujarnya. (mg3/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top