Kesehatan Warga Harus Terlayani – FAJAR sulsel
News

Kesehatan Warga Harus Terlayani

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Anggaran kesehatan Makassar tahun depan terbilang besar mencapai Rp341 miliar. Dengan dana sebesar itu, Dinas Kesehatan Makassar memastikan seluruh warga Kota Makassar terlayani kesehatannya. Tak perlu membayar di 46 pusat kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Makassar, dr Naisyah Tun Azikin mengatakan, anggaran Rp341 miliar terbagi untuk dua pos. Dinas Kesehatan mendapat Rp226 miliar dan RSUD Daya Rp115 miliar. Naisyah telah membagi anggaran yang diperolehnya untuk beberapa program.

Utamanya pelayanan puskesmas, obat-obatan, dan pemberian jaminan kesehatan. Antara lain pembayaran untuk penyiapan fasilitas Jaminan Kesehatan Nasional serta obat-obatan di Puskesmas. Alokasinya sekitar Rp62 miliar lebih. “Anggarannya besar agar masyarakat bisa mendapat pengobatan beserta obat gratis di 46 puskesmas.

Warga kita tak perlu lagi bayar pengobatan,” ujar Naisyah. Anggaran besar lainnya, habis untuk pembangunan puskesmas baru. Diskes sengaja membangun ulang puskesmas, mengganti dengan baru untuk memaksimalkan pelayanan. Lima puskesmas, kata Naisyah, rencananya akan dibangun tahun depan.

Diskes menyiapkan anggaran Rp44 miliar untuk pembenahan itu. “Kita juga perkuat home care. Ada anggaran Rp2 miliar untuk memastikan operasional layanan kita bisa optimal,” ungkapnya. Dengan anggaran itu, Naisyah yakin tak ada lagi warga Makassar yang tak terlayani. Dia menjamin, masalah pelayanan kesehatan yang kerap kali dikeluhkan warga bakal dioptimalkan.

“Pelayanan home care akan lebih maksimal. Perbaikan fasilitas juga kita lakukan baik di puskesmas hingga di RSUD Daya. Apalagi RSUD Daya dapat anggaran besar, bisa pengadaan kelengkapan peralatan medis,” tambahnya. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top