Miliki Pusdalop, BPBD Wajo Bisa Deteksi Bencana Dini – FAJAR sulsel
News

Miliki Pusdalop, BPBD Wajo Bisa Deteksi Bencana Dini

SENGKANG, UPEKS.co.id — Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Wajo kini sudah memiliki sistem informasi bencana dalam bentuk Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalop).

Kepala BPBD Kabupaten Wajo H Alamzah mengatakan, Pusdalop merangkum semua informasi tentang cuaca, bencana dan iklim.

“Jadi di Pusdalop selain kita bisa memberikan informasi cuaca setiap hari, kita juga dapat mendeteksi adanya bencana, sehingga kita dapat mengantisipasi sejak dini pengurangan resiko bencana. karena prediksi bencana bisa disampaikan sejak awal pada masyarakat,” ungkap Alamzah.

Lanjut Alamzah, Pusdalop merupakan bantuan dari BMKG Pusat yang senilai Rp1,2 miliyar. Pusdalop juga memiliki fasilitas IT, dimana kita bisa menyampaikan informasi melalui teleconference dengan pusat jakarta, berbagi informasi melalui vidio caal dan radio amatir dengan daerah lain.

“Alat ini hanya ada 20 indonesia dan di Sul-sel sendiri, baru Wajo yang punya,”terangnya.

Salah satu operator Pusdalop, Irfan Oktavian, mengatakan Pusdalop bekerja selama 24 jam yang dilengkapi beberapa operator yg juga stambai selama 24 jam.

“Operator setiap saat mengamati informasi cuaca, apalagi cuaca itu setiap saat bisa berubah, jadi kami harus terus mengamatinya. Kami memberikan informasi 3 kali sehari untuk disebarkan secara luas. Baik melalui FB, WA dan juga Websate,”ujarnya.(zah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top