Nasib Tunjangan Sertifikasi Kepala Sekolah ‘Kadaluarsa’ – FAJAR sulsel
News

Nasib Tunjangan Sertifikasi Kepala Sekolah ‘Kadaluarsa’

download-3

download

Dana Sertifikasi Segera Cair, Masa Tugas Diperpanjang

Kepala sekolah yang over masa tugas (Dua periode) bisa bernafas lega. Jika sebelumnya terancam dimutasi sekaligus kehilangan tunjangan sertifikasi kini menemui titik terang. Tak hanya masa tugas mereka diperpanjang, tapi juga tunjangannya segera dibayarkan.

Askar Syam, Watampone

Itu setelah keluarnya Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 29195/B1.3/61/2016 terkait perpanjangan masa tugas kepala sekolah dari sebelumnya hanya 8 tahun menjadi 12 tahun.
SK tersebut dibacakan Sekretaris Komisi IV DPRD Bone, Rismono Sarlim saat menerima aspirasi kepala sekolah yang over masa tugas, Senin 19 Desember kemarin. Selain Rismono, legislator yang turut hadir menerima aspirasi para kepala sekolah tersebut, yakni Wakil Ketua Komisi IV DPRD Bone, A Saipul, Wakil Ketua Komisi I DPRD Bone, H Saipullah Latief, Anggota Komisi II, Irwandi Burhan dan Anggota Komisi III, Hj Adriani Alimuddin Page dan Rudianto A Munir.

Sebelumnya, kepala sekolah mendatangi gedung DPRD Bone, karena merasa aspirasinya tidak ditanggapi dewan. Barulah setelah Sekretaris Komisi IV membacakan SK tersebut, kepala sekolah yang menyampaikan aspirasinya tersenyum sumringah.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Bone, A Saipul mene-gaskan, tidak ada lagi alasan Dinas Pendidikan tidak segera mengamprakan untuk pembayaran tunjangan sertifikasi kepala sekolah yang memenuhi syarat menerima tunjangan sertifikasi.
“Artinya, kepala sekolah yang masa tugasnya 12 tahun ke bawah, itu wajib menerima tunjangan sertifikasi. Kecuali yang sudah di atas 12 tahun,” ujarnya.

Saipul juga menegaskan, pada Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 terdapat pasal yang menegaskan bahwa aturan yang dimaksud berlaku mengacu SK pertama yang diterima kepala sekolah. “Kita patut bersyukur, karena melalui perjuangan Komisi IV bersama dinas pendidikan, akhirnya kementerian pendidikan melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan mengeluarkan kebijakan dengan memperpanjang masa tugas kepala sekolah menjadi tiga periode,” pungkasnya.

“Sekali lagi, disdik bersama Komisi IV telah memperjuangkan maksimal soal aspirasi guru. Alas haknya sudah ada secara hukum. Kita (Komisi IV) juga sudah berkoordinasi dengan Disdik dan sekali lagi, tidak ada alasan tidak segera diamprakan pembayaran tunjangan sertifikasi guru,” tutupnya.

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top