NTF Libatkan 40 Seniman se Indonesia – FAJAR sulsel
News

NTF Libatkan 40 Seniman se Indonesia

*Didukung Kebes Museum Affandi Jogya

RANTEPAO–National Toraja Festival yang akan digelar di Art Centre Rantepao dari tanggal 22 Desember 2016 hingga tanggal 4 Januari 2017 dipastikan bakal ramai pengunjungnya.

Betapa tidak, ajang promosi ini akan mengangkat berbagai keunikan dari seni budaya Toraja, dimana Toraja sebagai daerah tujuan wisata dan pintu gerbang pariwisata Sulawesi Selatan.

Koordinator National Toraja Festival, Cubung Wasono Putro, mengatakan, kegiatan yang akan dilaksanakan itu, mendapat dukungan penuh dari 40 seniman dari seluruh Indonesia yang dikoordinir oleh seniman-seniman dari Pasar Seni Ancol Jakarta, dan juga didukung oleh keluarga besar Museum Affandi Jogya.

Dikatakan Cubung, festival yang diselenggarakan itu, dengan melibatkan sejumlah seniman adalah merupakan kepedulian dan kecintaan dalam mengangkat dan mempromosikan seni budaya Toraja.

Untuk itu kata, Cubung, kegiatan ini merupan sebuah peletakan pundasi, yang nantinya dapat dilanjutkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat tentang bagaimana sesungguhnya dalam menghidupkan suasana seni budaya yang harus diketahui oleh orang luar sehingga ada rasa ketertarikan untuk datang di Toraja.

“Kita hanya menyalakan api, dan api yang menyala itu, apakah pemerintah daerah meneruskan apinya yang sudah menyala atau tidak,”kata Cubung, Sabtu, 17 Desember 2016.

Diuraikan, kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan diantaranya adanya Eksebisi seni rupa yaitu adanya seni lukis dan seni patung. On the spot menampilkan lukisan-lukisan potensi alam dan seni budaya Toraja. Katanya, dalam melikis nanti para pelukis akan berada langsung di lokasi objek yang akan dilukis.

Bidang lain berupa Work Shop, yang akan ditampilkan seni rupa musik dari Slamet Jenggot Kinetik Art. Karnaval yaitu dihadirkannya 100 ekor kerbau, kemudin dilukis, dan para pelukisnya akan menggunakan pakaian yang bercorak kerbau.

“Khusus untuk persediaan 100 ekor kerbau itu, pemerintah daerah sudah menyatakan kesanggupan dalam menyediakan jumlah itu,” ujar Cubung.
Kemudian paket kegiatan lainnya, imbuh Cubung, juga akan digelar diskusi tentang seni budaya Toraja yang bertujuan bagaimana sesungguhnya mengelola seni budaya Toraja kedepan yang lebih baik kedepan sehingga seni budaya Toraja benar-benar dihargai dan dikenal orang luar.

Menyinggung tentang siapa sponsor dalam festival ini, Cubung menyebutkan bahwa tidak ada sponsor-sponsor tapi ini murni misi sosial dari teman-teman seniman seluruh Indonesia.

“Ini misi sosial dari para seniman untuk menyumbangkan seni budaya di Indonesia,” pungkasnya.

Cubung tidak menampik, jika program tersebut dipasilitasi oleh salah seorang putra Toraja yang ada di perantuan namun punya kepedulian terhadap daerahnya sendiri untuk pengembangan seni budaya yang ada di Toraja melalui ajang promosi dalam rangka meningkatan kunjungan wisatawan ke Toraja.(uka/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top