Pansus Merujuk RTRW – FAJAR sulsel
News

Pansus Merujuk RTRW

7-rapat-pansus-membahas-ranperda-bangunan-gedung-dan-rdtr-senin-19-desember-kemarin-1

DPRD Bone Godok Ranperda Bangunan Gedung

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone, tengah menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang bangunan gedung. Pansus yang dibentuk, tengah melakukan kajian komprehensif mengenai ranperda tersebut.
Anggota Pansus, Herman ST menegaskan, ranperda bangunan gedung yang dibahas tidak boleh bertentangan dengan Perda RTRW. RTRW lanjut dia, tetap menjadi rujukan dalam pembahasan perda itu.

“Maka dari itu, perda ini tidak boleh asal dibahas saja. Kita akan konsultasikan perda ini, jangan sampai setelah disahkan, justru akan bertentangan dengan Perda RTRW. Jadi perlu ada penegasan apakah perda ini bisa disahkan meski Perda RTRW belum direvisi,” ujar Herman usai mengikuti rapat pansus, Senin 19 Desember kemarin.

Terpisah, Ketua Pansus, HAM Amin Mangunsara menegaskan, maksud disusunnya perda bangunan gedung, sebagai acuan pengaturan dan pengendalian penyelenggaraan bangunan gedung di Kabupaten Bone, agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. “Termasuk menjadikan Kabupaten Bone lebih rapi, tertib, bersih dan indah,” jelasnya.

Tujuan dari perda bangunan dan gedung disusun lanjut dia, antara lain mewujudkan bangunan gedung yang fungsional dan sesuai dengan tata bangunan gedung yang serasi dan selaras dengan lingkungannya, kemudian mewujudkan tertib penyelenggaraan bangunan gedung yang menjamin keandalan teknis bangunan gedung dari segi kese-lamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan, serta mewujudkan kepastian hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung.
Keberadaan perda lanjut dia, diharapkan dapat melengkapi dan tidak kontraproduktif dengan keberadaan perda tentang perijinan terpadu yang memuat tentang izin mendirikan bangunan.

RADAR BONE

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top