10 Kelurahan Berkantor di Ruko – FAJAR sulsel
News

10 Kelurahan Berkantor di Ruko

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pemkot Makassar segera mengisi pejabat dan staf di 10 kelurahan yang baru terbentuk plus satu kecamatan. Namun, pembangunan kantor kelurahan ini baru dimulai tahun depan. Untuk itu, 10 kelurahan baru tersebut nantinya akan berkantor di ruko kontrakan. Anggaran untuk sewa ruko sudah disiapkan melalui pemerintah kecamatan.

10 kelurahan tersebut masing-masing, Kelurahan Minasa Upa, hasil pemekaran Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini. Anggaran untuk sewa ruko sebagai kantor Rp50 juta. Lalu Kelurahan Bonto Duri, Kecamatan Tamalate Rp75 juta. Di Manggala, ada dua kelurahan baru dengan biaya kontrak ruko yang dialokasikan Rp100 juta, yakni Kelurahan Biring Romang, dan Kelurahan Bitowa.

Di Biringkanaya ada empat kelurahan baru, yakni Kelurahan Laikang, Berua, Katimbang, dan Kelurahan Bakung. Nilai pagu sewa kantornya setiap unit adalah Rp30 juta, jadi totalnya Rp120 juta. Lalu, dua kelurahan di Kecamatan Tamalanrea, masing-masing; Kelurahan Buntusu, dan Kelurahan Kapasa Raya. Nilainya Rp80 juta per unit, total Rp160 juta. Khusus Kecamatan Baru Sangkarrang, total sewa gedungnya dianggarkan Rp180,8 juta.

Camata Biringkanaya, Andi Syahrum Makkuradde mengatakan, khusus untuk Kelurahan Laikang dan Kelurahan Bakung tidak menyewa ruko karena menumpang di kantor PKK dan gedung Posyandu. Dua kelurahan lainnya terpaksa menyewa ruko karena tidak fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan. “Kemungkinan kita cari ruko milik masyarakat, tentu disesuaikan pagu anggaran dan lokasinya,” ujarnya. Sementara, untuk pembangunan kantor baru, lanjutnya, lokasinya sudah siap. Semuanya adalah fasum yang diserahkan Perumnas. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top