Akhir Tahun, Stok Pangan Aman – FAJAR sulsel
News

Akhir Tahun, Stok Pangan Aman

sri-pangan-1

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Makassar mengklaim stok pangan aman di penghujung tahun. “Secara umum stok masih aman, meski ada lonjakan harga pada komiditi tertentu,” singkat Sri Susilawati, Kepala KKP Makassar, Selasa (20/12/16).

Kepala Seksi Ketersediaan Dan Kerawanan Pangan KKP Makassar, Rahmaniar Syamsul menuturkan, harga bawang merah, cabai merah besar dan cabai rawit yang paling melonjak.

Harga ketiga komoditi tersebut bervariatif di pasar-pasar kota ini. Rata-rata, katanya, harga bawang merah Rp40 ribu per kilogram merangkak naik menjadi Rp45 ribu per kg. Cabai merah besar dari Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu per kg dan cabai rawai dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu per kg.

Menurutnya, harga melonjak karena produksi berkurang selama musim hujan dan permintaan yang meningkat. “Tapi, meski melonjak tetap tersedia di pasar-pasar,” katanya. Sedangkan komiditi lain masih, seperti beras dan sayur-sayuran tetap stabil di akhir 2016 ini. Sebab, ketersedian pangan Makassar dipasok dari daerah-daerah penyanggah.

Senada, Kabid Perlindungan Konsumen Disperindag Makassar, Sri Rejeki mengatakan, kenaikan harga bawang dan cabe memang melonjak. Sementara komoditi lain masih dalam batas wajar. “Kita pantau setiap Selasa dan Kamis. Stok masih cukup, cuma memang banyak permintaan,” katanya. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top