Anggota TNI Siaga di Titik Rawan Longsor – FAJAR sulsel
News

Anggota TNI Siaga di Titik Rawan Longsor

* Ke Palopo, Pangdam VII/Wirabuana Lewat Toraja Utara

PANGLIMA Komando Daerah Militer VII/Wirabuana, Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti rencananya akan melakukan kunjungan kerja ke Palopo. Ia akan menginjakkan kaki di Tana Luwu pada Jumat 23 Desember 2016.

Di Kota Palopo, Pangdam bersama istri dan rombongan akan dijamu di Istana Kedatuan Luwu. Pangdam akan ditempatkan di dalam Salassa. Mengikuti ritual Mattuana. Yaitu proses jamuan makanan adat disertai tari-tarian.

Nantinya, Pangdam akan didampingi oleh Danrem 142/Tatag, Kolonel Inf Tandyo Budi Revira. Ke Palopo, Pangdam bersama rombongan akan melalui jalur darat. Melalui jalan Trans Sulawesi Palopo-Toraja Utara.

Menyambut kedatangan Pangdam, Dandim 1403/Sawerigading, Letkol Kav Cecep Tendi Sutendi mengadakan rapat koordinasi (rakor). Rapat yang diadakan Selasa 20 Desember 2016, pukul 14:00 Wita di Aula Makodim, melibatkan unsur pemerintah daerah se Tana Luwu, termasuk kepolisian Polres Palopo dan Polres Luwu.

Dalam rapat itu, dandim membeberkan agenda-agenda Pangdam selama di Palopo. Nanti tiba di rujab wali Kota Palopo, sampai dengan menghadiri kegiatan di Istana Luwu, pengarahan kepada seluruh prajurit di Mako hingga menuju bandara Bua.

Tampak hadir, Ketua Panitia Kegiatan Napaktilas Peradaban Besi Kedua Sulsel, Andi S Lipu Sultani, Pabung Luwu, Mayor Inf Pagasing, Pabung Lutra, Pabung Lutim, para danramil dari 16 koramil, perwira staf, ketua Persit beserta anggota, perwakilan dari Polres Luwu dan Polres Palopo, para humas dari Pemda Luwu dan Lutra serta Lutim.

Soal rute jalan yang akan dilalui, Dandim memerintahkan semua babinsanya yang bertugas di Koramil Palopo untuk siaga di titik-titik rawan longsor di jalan Trans Sulawesi Palopo-Toraja Utara.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Polres Palopo soal mobil patroli saat menjemput Pangdam di perbatasan Palopo-Toraja Utara. Ini bekerjasama dengan Subdenpom Palopo. Juga dilakukan kerjasama antara Polres Palopo dan Polres Luwu mengantisipasi rute yang akan dilalui Pangdam saat menuju Bandara pada Sabtu 24 Desember 2016 pagi.

Sayangnya, Pangdam tidak bisa berlama-lama di Kota Palopo. Tanggal 24 Desember pagi, Pangdam harus meninggalkan Kota Palopo dan kembali ke Makassar. Dan harus sudah ada di Makassar sebelum tanggal 25 Desember 2016.

Saat tiba di Palopo, Pangdam akan disambut oleh kepala daerah se Tana Luwu. Demikian juga saat jamuan di istana. Pangdam akan didampingi para kepala daerah. Mulai dari Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Bupati Luwu, Andi Mudzakkar dan Bupati Luwu Timur, Thorig Husler.

Usai rapat, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kav Cecep Tendi Sutendi, kepada Palopo Pos, mengatakan, kedatangan Pangdam di Kota Palopo dalam rangka kunjungan kerja sekaligus memenuhi undangan dari Datu Luwu.
Itu dalam rangka kegiatan Napaktilas Peradaban Besi Kedua Sulsel.

Rombongan Kodam dengan pendukung sebanyak 35 orang. Untuk pejabatnya sebanyak tujuh orang. Masing-masing didampingi istri. Selain rombongan Pangdam, ada juga Danrem bersama rombongan dan istri.

Rutenya dari Toraja. Sekitar pukul 16:00 Wita tiba di Palopo. Diterima di rujab wali kota. Disambut oleh muspida se Tana Luwu. Malamnya, pukul 19:30 Wita menghadiri undangan jamuan makan malam dari Datu Luwu,” kata dandim.

Lanjut dandim, setelah kegiatan di istana, esoknya, Sabtu, pagi, Pangdam akan melaksanakan kunker di Makodim. Pagi-pagi, Pangdam akan memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit TNI yang ada di Tana Luwu. Setelah itu, Pangdam akan kembali ke Makassar melalui jalur udara di Bandara Bua.

“Harapannya, mohon doanya, kepada semua Pemda, mohon bantuanya. Sehingga pelaksanaan kunker ini bisa lancar,” tandasnya.
Usai melaksanakan rakor bersama unsur Pemda se Tana Luwu, Dandim kembali melakukan tatap muka dengan seluruh danramil, perwira staf dan persit.(ara/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top