BNNP Gagalkan Pengiriman Ganja – FAJAR sulsel
News

BNNP Gagalkan Pengiriman Ganja

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel menggagalkan penyelundupan ganja sebanyak 3 Kilogram (Kg) asal Kota Medan yang dikirim melalui jasa pengiriman barang ke Makassar, Senin (19/12/16).

Penyelundupan barang haram itu, dikirim melalui dua jasa pengiriman barang. Yakni, 2 Kg ganja dikirim melalui Kantor Pos Indonesia Daya samping Polda Sulsel. Sedang 1 Kg dikirim melalui jasa pengiriman barang JNE.

Menurut Kepala BNNP Sulsel, Brigjen Agus Budiman Manalu, penyelundupan ganja tersebut berhasil digagalkan berawal adanya informasi yang diterima petugas BNNP, bahwa ada pengiriman barang mencurigakan dari Medan ke Makassar.

“Kita terima informasi kalau ada pengiriman barang mencurigakan melalui kantor Pos Indonesia Daya Makassar dan JNE. Setelah dilakukan penyidikan benar ditemukan satu paket di kantor Pos Indonesia Daya seberat 2 Kg dan satu paket di JNE seberat 1 Kg, ” katanya, Selasa (20/12/16).

Penyelundupan ganja itu berhasil digagalkan setelah tim pemberantasan BNNP Sulsel menyamar sebagai karyawan JNE dan POS Indonesia. Dari penyamaran itu, petugas mengamankan dua pelaku yang ditengarai sebagai pemilik barang.

Agus menerangkan, setelah diilakukan penyelidikan lanjutan, diamankan tersangka, Surahman di kantor jasa pengiriman JNE. Bersangkutan menerima ganja kurang lebih 1 Kg. Kemudian personel BNNP berhasil mengamankan, Ahmad di kantor Pos Indonesia Daya.

“Petugas kemudian melakukan introgasi terhadap Ahmad dan diakuinya bersama Asdar, Parto dan Muamar ke kantor Pos. Ketiga rekan Ahmad Sudah dilakukan pemeriksaan, ” terang Agus saat merilis pengungkapan ganja tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh lanjut Agus, jaringan penyelundupan ganja itu sudah mengirim di beberapa kota di Indonesia. Seperti Bali, pelaku sudah mengirim ganja 25 Kg, NTB 7 Kg, DKI 2 Kg dan Tangeran.

“Tapi kami belum dapat informasi berapa banyak ganja yg dikirim ke Tangerang. Namun informasinya, pengiriman ganja itu dilakukan sekaligus di beberapa daerah termasuk Makassar, ” lanjutnya.

Perwira tinggi polisi bintang satu ini menambahkan, sebelum tertangkap pelaku yang di Makassar, sebelumnya sudah berhasil edarkan barang haram itu di beberapa kabupaten.

“Salah satu Kabupaten Bulukumba dan beberapa kabupaten lainnya. Itu yang sementara kita telusuri. Saat ini kami masih melakukan pengembangan. Saat ini, kedua pelaku sementara diamankan di BNNP Sulsel, ” tambahnya.(jay/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top