FORKAN Obsesi Kembalikan Kejayaan Kakao – FAJAR sulsel
News

FORKAN Obsesi Kembalikan Kejayaan Kakao

KOLAKA,UPEKS.co.id — Seminar nasional yang diprakarsai Forum Kakao Nasional (FORKAN) Kolaka di Kampung Kakao Balandete, Kecamatan Kolaka dihadiri tiga ratusan peserta. Wakil Bupati, H Muh Jayadin menegaskan, kejayaan kakao Kolaka masa lampau sangat terkenal di dunia internasional.

Sekitar tahun 80-an kakao Kolaka sangat terkenal. Menurutnya, perkebunan kakao Kolaka saat ini mengalami penurunan, baik secara kualitas maupun kuantitas, pasalnya akibat serangan hama batang yang hingga kini belum ditemukan cara memberantasnya. “Kita apresiasi seminar nasional ini, karena menghadirkan perwakilan daerah penghasil kakao di Indonesia.

Selain itu pesertanya dari Forum Kakao Aceh datang ke Kolaka,” ungkap Jayadin. Dikatakannya,peserta dari Sumatera dan Sulbar sebagai penghasil kakao dapat membagi ilmu kepada petani Kolaka. Tujuannya, agar produksi kakao meningkat. Ketua Panitia Seminar Nasional, Deddy dari FORKAN mengatakan, peserta 300-an, baik secara organisasi maupun secara pribadi.

Pemateri dari Dirjen Perlindungan Tanaman Kementerian Perkebunan dan Pertanian RI. Selain itu peserta seminar ini juga diikuti pengurus Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Mandiri se-Kolaka. Usai seminar, Dinas Perkebunan Kolaka juga berikan bantuan kepada sejumlah petani Kakao Kolaka berupa tangkai alat semprot dan obat obatan, untuk kepentingan perawatan kebun Kakao. (pil/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top