Jangan Terlena dengan Prestasi – FAJAR sulsel
News

Jangan Terlena dengan Prestasi

* Wali Kota Terima Piagam Penghargaan WTP dari Pemerintah RI

PALOPO — 17 kabupaten/kota di Sulsel menerima penghargaan dari Pemerintah RI atas opini WTP pada LKPD TA 2015. Prestasi ini jadi kado istimewa Kota Palopo di akhir tahun. Namun, daerah diingatkan untuk terus meningkatkan laporan keuangannya. Jangan terlena dengan prestasi.

Piagam penghargaan dari Pemerintah RI diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Sulsel, Alfiker Siringo Ringo atas nama Menteri Keuangan RI di Gedung Keuangan Negara Makassar, Selasa 20 Desember 2016.

Dari Kota Palopo diterima langsung oleh Wali Kota HM Judas Amir, MH.
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH yang dihubungi via ponselnya kepada Palopo Pos mengungkapkan kalau piagam penghargaan yang diterima bersama 16 kabupaten/kota termasuk Provinsi Sulsel, karena Kota Palopo berhasil meraih opini WTP dari BPK. Ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak di jajaran Pemkot Palopo, termasuk dukungan elemen masyarakat yang senantiasa ikut mengawasi kinerja pemerintahan untuk mewujudkan good governance.

”Atas penghargaan dari Pemerintah RI ini dapat dijadikan pemicu untuk bekerja lebih giat lagi dan senantiasa bekerja sesuai dengan koridor yang ada, khususnya terkait pengelolaan keuangan daerah serta kita dapat mempertahankan dan meningkatkan dengan meraih predikat tertinggi dari audit BPK, yakni clear and clean,” ungkap orang nomor satu di Kota Palopo ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Sulsel, Alfiker Siringo Ringo, mengapresiasi daerah yang mampu meraih WTP atas LKPD TA 2015.

”Seluruh daerah, termasuk Kota Palopo saya minta untuk lebih meningkatkan laporan pengelolaan keuangannya agar opini WTP dapat terus digenggamnya. Jangan terlena dengan prestasi,” tandasnya.

Kaban Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Hamzah Jalante, mengatakan, selain penyerahan piagam penghargaan Pemerintah RI juga dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) penyusunan LKPD TA 2016. Dimana dalam Rakor tersebut yang dihadiri perwakilan BPK dan Inspektorat, seluruh daerah di Sulsel diminta agar laporan pengelolaan keuangan yang dibuat sesuai dengan kaidah perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, sebut Hamzah, dalam Rakor tersebut diminta agar seluruh daerah yang telah meraih opini WTP agar dapat mempertahankan atau meningkatkannya lebih baik lagi.

”Provinsi Sulsel mengakui Kota Palopo terbaik dalam pengelolaan keuangannya sehingga meraih opini WTP,” ujarnya. Untuk itu, kata dia,provinsi dan kemenkeu meminta agar prestasi tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Selain itu, dalam rakor LKPD TA 2016, lanjutnya juga diarahkan agar seluruh daerah dapat lebih membenahi laporan keuangannya, jangan terlena dengan prestasi yang telah dicapainya.

”Kita diminta untuk lebih meningkatkan laporan pengelolaan keuangannya agar opini WTP dapat terus digenggamnya,” tandas Hamzah.

Dalam penerimaan piagam penghargaan dari Pemerintah RI tersebut, ada 17 kabupaten/kota termasuk Provinsi Sulsel yang juga menerimanya atas prestasinya meraih opini WTP LKPD 2015. Yakni Provinsi Sulsel, Pemkab Bantaeng, Pemkab Gowa, Kota Makassar, Pemkab Maros, Pemkab Pangkep, Kota Parepare, Pemkab Pinrang, Pemkab Toraja Utara, Pemkab Luwu Utara, Pemkab Luwu Timur, Pemkab Luwu, Kota Palopo, Pemkab Bone, Pemkab Soppeng, Pemkab Wajo dan Pemkab Bulukumba.

Hal senada juga dikemukakan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Bupati Luwu Bupati Andi Mudzakkar, Bupati Luwu Timur Thorig Husler. Mereka berjanji akan mempertahankan predikat WTP dan meningkatkannya lebih baik lagi di masa-masa mendatang. ”Ini harus kita pertahankan dan tingkatkan lagi,” ujar Moh Arsyad, kadis DPPKAD Luwu.(rhm/ary)

DAERAH PENERIMA PENGHARGAAN
-Palopo
-Luwu
-Luwu Utara
-Luwu Timur
-Toraja Utara

Sumber.diolah dari berita.(*)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top