Jelang Natal, Stok Pangan Cukup – FAJAR sulsel
News

Jelang Natal, Stok Pangan Cukup

*BP2KP: Waspadai Kebutuhan Sejumlah Komoditi

BELOPA — Jelang natal dan tahun baru ditengarai kebutuhan sejumlah komoditi cenderung meningkat. Untuk stok pangan di Kabupaten Luwu dibulan ini meningkat walaupun ada kenaikan harga.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Luwu, M Halwi SH, MH, kepada Palopo Pos, Selasa 20 Desember 2016.

“Ketersediaan beras untuk Kabupaten Luwu dibulan 2016 ini sangat tersedia. Bahkan mengalami surplus. Dimana kebutuhan beras kita sebesar 3.365.165 Kg, sementara stok beras kita sebesar 6.916.793 Kg, sehingga kita mengalami surplus beras sekitar 3.551.631 Kg,” ungkap Halwi.

Halwi mengatakan, meskipun stok beras mengalami stok berlebih, namun bukan berarti sejumlah kebutuhan sembako kondisinya dalam keadaan sama, sehingga hal ini perlu mendapat perhatian agar tidak mengalami lonjakan harga pada saat menjelang Natal.

“Ada beberapa komoditi yang dibutuhkan masyarakat kabupaten Luwu yang memang perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah menyangkut ketersediaan maupun harganya, seperti bawang, gula pasir, cabai, telur ayam ras, daging sapi dan minyak goreng,” jelas Halwi.

Dijelaskan Halwi, sejumlah komoditi perlu mendapat perhatian serius atas keadaan stoknya didaerah, karena seperti bawang merah, cabe, daging sapi, daging ayam buras. Meskipun ada produksinya di daerah ini, tetapi jumlahnya masih sangat kecil. Sehingga lebih dominan mengandalkan suplai dari daerah lain. Kondisi ini tentunya bisa berakibat memicu terjadinya kenaikan harga.

“Kebutuhan bawang misalnya, kebutuhan bawang kita 4.749,79 ton, tetapi produksi dalam daerah hanya sebesar 1.017,81 ton sehingga kebutuhan kita minus dan harus disuplai dari luar daerah. Demikian pula kebutuhan daging sapi kita sebanyak 226,88 ton. Sementara produksi dalam daerah hanya 43,77 ton sehingga kita masih membutuhkan suplai daging sapi dari daerah lain sebanyak 183,11 ton,” jelas Halwi.

Demikian pula pada kebutuhan cabe, untuk bulan ini, kebutuhan cabe berkisar 2.714,17 ton, sementara produksi dari dalam daerah ini hanya sebesar 1.492,79 ton, sehingga masyarakat Luwu masih kekurangan 1.221,37 ton, sehingga butuh suplai dari luar daerah. Hal yang sama terjadi pada ketersediaan telur ayam ras. Dimana kebutuhan sebesar 1.947,72 ton. Sementara di daerah ini hanya mampu memproduksi 954,38 ton sehingga masih kekurangan telur ayam ras sebanyak 993,34 ton.

“Harga telur ayam ras per raknya sekitar Rp33.500 hingga Rp34.000. Dan kemungkinan harga ini bisa melambung menjelang Natal. Demikian pula harga daging sapi saat ini berkisar Rp106 Ribu sampai Rp110 Ribu, karena stoknya sangat terbatas dan lebih banyak diimpor dari daerah lain. Menjelang Natal dan Tahun Baru nanti harganya bisa saja naik signifikan,” jelas M Halwi.(fan/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top