KPU Bone Butuh Anggaran Rp74 M – FAJAR sulsel
News

KPU Bone Butuh Anggaran Rp74 M

img_20161221_122005

Tahapan Pilkada Bergulir di 2017

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, mulai menyiapkan tahapan pilkada serentak. Tahapan pesta demokrasi di Bumi Arung Palakka sesuai asumsi awal, bergulir pada Agustus 2017 mendatang.

Hal ini dipaparkan komisioner KPU Bone saat menggelar media gathering, bertempat di Kantor KPU Bone kawasan Islamic Center, Rabu 21 Desember 2016.
Ketua KPU Bone, Aksi Hamzah memaparkan, tahapan pilkada bergulir di 2017 mendatang.

Aksi menyebutkan, untuk pelaksanaan pilkada serentak, dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Hal itu tidak lepas dari meningkatnya honorarium penyelenggara pemilu ditingkat bawah (PPK, PPS, KPPS).

“Untuk honor PPK kebawah saja, dibutuhkan anggaran berkisar Rp39 miliar. Belum lagi APK (Alat Penyelenggara Kampanye) yang berkisar Rp8 miliar. Itu karenakan regulasi baru, APK disiapkan oleh KPU,” pungkasnya diamini Sekretaris KPU, Alimin Arsyad.

“Total anggaran keseluruhan yang kita butuhkan, berkisar Rp74 miliar diluar dari dana sharing Pemprov Sulsel,” tambahnya.

Anggota KPU divisi teknis, Ernida Mahmud menambahkan, ada perubahan regulasi terkait pencalonan. Salah satunya dukungan calon perseorangan yang menurut Ernida bukan lagi mengacu jumlah penduduk melainkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Soal pasangan calon tunggal dimungkinkan dengan catatan perolehan suaranya diatas 50 persen,” terangnya menjawab pertanyaan sejumlah wartawan soal kemungkinan Pilkada Bone hanya diikuti satu pasangan calon.

Terpisah, Anggota KPU divisi sosialisasi, Veronika Erasati menegaskan, di pilkada serentak 2018, pihaknya akan menggenjot sosialisasi pemilu, demi meningkatkan partisipasi pemilih.

“Apalagi anggaran pilkada serentak terbilang besar. Masyarakat harus diberi pemahaman bahwa pentingnya menyalurkan hak pilih di pilkada. Karena suara mereka (Rakyat) yang akan menentukan kepemimpinan kedepan,” tutupnya.

*

RADAR BONE

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top