Luteng Sudah Masuk Desartada – FAJAR sulsel
News

Luteng Sudah Masuk Desartada

* DPD Desak Dua PP Terkait DOB Diterbitkan

PALOPO — Angin segar soal daerah otonomi baru berhembus dari DPD RI. Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad mengatakan penerbitan dua Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang mengatur tentang Daerah Otonomi Baru (DOB) mendesak dilakukan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Luteng sudah siap mekar dari induknya, Luwu.

Proses pembentukan DOB Luteng telah beres. Segala syarat untuk suatu pembentukan daerah otonomi baru telah dipenuhi.
Tapi, dengan adanya moratorium pemekaran hingga 2019 membuat seluruh daerah calon DOB harus bersabar menunggu dibukanya kembali keran pemekaran.

Seperti yang diberitakan tanggal 28 September 2016, lalu, Luwu Tengah sendiri masuk dalam desain besar penataan daerah (desartada). Berada di kluster 4. “Luteng saya perjuangkan masuk dalam Desain Besar Penataan Daerah (Desartada) di kluster 4. Jadi biar apapun kalau tidak masuk dalam desartada maka tidak bisa masuk dalam daerah persiapan,” ujar Luthfi A Mutty, anggota komisi II DPR RI.

Desakan Farouk dikemukakan di sela-sela rapat paripurna DPD RI dengan agenda penutupan masa sidang tahun 2016 di gedung Nusantara V, Jakarta, Selasa 20 Desember 2016.
Dua RPP itu yakni RPP tentang Penataan Daerah dan Desain Besar Penataan Daerah (Desartada).
“Betul ?kita usulan DOB ini merupakan proritas, tapi tidak ada instrumen sebelum dua RPP itu keluar. Jadi desak dulu dua RPP ini (diterbitkan),” kata Farouk.
Menurut dia, Presiden Joko Widodo sudah pernah memberikan respon terkait DOB, terkait adanya kendala anggaran.
Farouk pun tak bisa memungkiri bahwa pemekaran daerah berimplikasi pada keuangan negara.

“Betul soal anggaran, tapi kita tidak usah persoalan dulu soal itu, yang penting keluar dulu dua RPP ini, itu yang prirotas utama,” pungkasnya.
DPD RI tercatat dua kali meninjau calon DOB Luteng. Terakhir ditinjau tanggal 27 September 2016.

Para senator dari komite I yang meninjau calon DOB Luteng, yakni, Bahar Ngitung, Drs H Yusran A Silondae M.Si, Hj Nurmawati Dewi Bantilan SE, MH. Kemudian Hj Robiatul Adawiyah SE, Dra Ir Hj Eni Sumarni M.Kes.

Kemudian tanggal 27 September 2014. Senator yang meninjau calon DOB Luteng kala itu, masing-masing, Wasis Siboyo dan anggota Komite I DPD RI asal Sulbar, Mulyani Musham, SH, MM. Mereka didampingi Staf Asistan Ahli Presiden RI, Sandra Estiawan, yang juga bija to Luwu.

Saat kembali ke Jakarta, hasil kunjugannya tersebut diplenokan kemudian dibawa ke paripurna sebelum mereka lengser. Rombongan komite I DPD RI ini dalam rangka memenuhi persyaratan tersebut.(jpnn-ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top