Pemanah Lutra Naik Podium – FAJAR sulsel
News

Pemanah Lutra Naik Podium

* Kejurda II Panahan Tingkat Sulsel di Torut

PALOPO— Untung pemanah Lutra. Jika tidak, maka tak ada perwakilan Luwu Raya yang naik podium pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panahan Seri II 2016 di Lapangan Kodim 1414, Kota Rantepao, Kab. Toraja Utara 16-18 Desember 2016. Event ini diikuti 125 pemanah dari 13 kab/kota dan empat club se Sulsel.

Atlet panahan Lutra atas nama Adam Bakri berhasil meraih juara tiga pada Kejurda ini. Juara satu diraih oleh atlet Kota Makassar atas nama Khaerul sedang juara dua menjadi milik pemanah Kab. Sinjai.

”Khaerul yang merupakan juara satu memang sudah tahunan latihan panahan. Bahkan sudah beberapa kali mewakili Sulsel ke berbagai kejuaraan. Sedang kami di Lutra, baru empat bulan latihan,” terang Adam Bakri di kantor redaksi Palopo Pos, Selasa, 20 Desember 2016 kemarin.

Atlet panahan Luwu Raya ikut ambil bagian pada Kejurda ini sebanyak lima orang. Tiga diantaranya dari Kab. Luwu Utara yakni Adam Bakri, Gina Refli Wannai, dan Melania Syam. Dari Kota Palopo satu orang yakni Sulfantri. Dan dari Luwu juga satu orang yakni Indra Permana. Sedang Lutim tidak ada wakilnya.

Menurut Adam, olahraga panahan termasuk olahraga langka di Luwu Raya. Hampir tidak ada kejuaraan yang dilaksanakan dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Pembinaan untuk cabang olahraga ini juga hampir tak terdengar gaungnya. ”Yang ikut Kejurda di Rantepao selama ini latihan sendiri-sendiri saja,” terangnya.

Hal itu bisa dimaklumi. Karena cabor ini termasuk olahraga mahal. Harga busur saja mencapai Rp6,5 juta per unit. Sedang harga anak panah (arrow) Rp150 ribu per biji yang hanya bisa dibeli satu lusin. Jadi harga anak panah Rp1,8 juta per lusin. Belum lagi lapangan latihan yang belum tersedia.
Pasalnya, tidak boleh sembarang tempat karena bisa membahayakan orang lain.

Untuk diketahui, Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panahan di Lapangan Kodim 1414 Tana Toraja, Rantepao, resmi dibuka oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan pada Jumat, 16 Desember 2016 lalu. Ini merupakan kali pernah kejuaraan panahan dihelat di Torut.

Ketua Panitia Kejurda Panahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan, Brikken Linde Bonting, menjelaskan Kejurda kali ini diikuti 14 kabupaten/kota dengan jumlah atlet yang ikut sebanyak 125 atlet. Toraja Utara, sebagai tuan rumah menurunkan delapan atlet.

Brikken menjelaskan pada Kejurda kali ini akan dipetandingkan empat divisi, masing-masing Divisi Compound (50 meter), Standar Bow Umum (40 meter), Standar Bow Batas Umur (40 meter), dan Paralow Bow (10 meter). Semua divisi diikuti pemanah putra maupun putri.

Adapun kab/kota maupun club yang ikut pada Kejurda II Panahan ini yakni Makassar II (SSA), Kota Makassar, Maros, Bone, Makassar IV (CAC), Makassar III (RAC), Sinjai, Toraja Utara, Luwu Utara, Pangkep, Parepare, Pinrang, Toraja, Luwu, Palopo, Bantaeng, Makassar V (MAC). (mg1/ary)
Daftar Perolehan Medali
Kejurda II Panahan Sulsel 2016

Daerah/Club Emas Perak Perunggu Total

* Makassar II (SSA) 4 – 3 7
* Kota Makassar 3 7 5 15
* Maros 3 1 3 7
* Bone 3 – 1 4
* Makassar IV (CAC) 2 – – 2
* Makassar III (RAC) 1 2 – 3
* Sinjai – 4 2 6
* Toraja Utara – 2 – 2
* Luwu Utara – – 2 2. (*)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top