Sudah Layak Layani Penerbangan Umum – FAJAR sulsel
News

Sudah Layak Layani Penerbangan Umum

*Menhub RI: Tinggal Kelengkapan Administrasi

MALILI—Usai melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, menyempatkan diri transit di Bandar Udara Sorowako, Kecamatan Nuha, Selasa, 20 Desember 2016.

Di Sorowako rombongan Menhub diterima langsung Bupati Luwu Timur (Lutim), HM Thorig Husler, Ketua DPRD Amran Syam, Presiden Direktur PT. Vale Indonesia, Nico Kanter, Kadis Perhubungan dan Kominfo Andi Murfhy serta sejumlah Pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutim.
Dalam perbincangan singkat tersebut, Bupati mempertanyakan status pemanfaatan Bandara Sorowako.

“Secara regulasi Bandara Sorowako yang selama ini berstatus sebagai bandara khusus sangat memungkinkan untuk dijadikan bandara umum. Kami juga telah sepakat dengan PT. Vale untuk menjadikan bandara ini melayani penerbangan umum. Tinggal kelengkapan administrasinya saja,” ujar Menteri Budi Karya Sumadi.

Namun sebelum difungsikan jadi bandara umum, Menteri Budi meminta agar pengelola memperhatikan aspek keselamatan penerbangan.
“Jika telah jadi bandara umum, maka tentu akan dibuat penerbangan reguler secara terjadwal apakah 2 hingga 4 kali penerbangan dalam seminggu. Tinggal perlu diperketat safety and secuity di bandara ini seperti X-ray dan barang-barang bawaan para penumpang,” imbuh Budi.

Dalam kunjungan sesaatnya, Menteri Budi Karya Sumadi, didampingi Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo beserta beberapa staf dari Kementerian Perhubungan.(hms/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top