5 Maret, Bertolak ke Jepang – FAJAR sulsel
News

5 Maret, Bertolak ke Jepang

22.12

Menindak lanjuti, hasil presentase antara Kadin dan Jepang Internasional Cooporation Agency (JICA) beberapa bulan lalu, pihak JICA mengundang Kadin, PT IKI, Balik Banda dan tiga perwakilan di Sulsel, yakni Kota Makassar, Jeneponto dan Bulukumba.

Rencananya Kadin bersama rombongan berangkat ke Jepang, 5 hingga 11 Maret 2017 mendatang. Tujuan untuk melihat langsung bagaimana pengolahan pabrik yang dimiliki Jepang. Pengusaha asal Sulsel diberikan kesempatan berinteraksi langsung investor Jepang.

Hal itu diungkapkan Ketua Kadin Sulsel, Zulkarnain Arief kepada Upeks saat menerima kunjungan JICA di kantornya, kemarin.
“Kami sudah melakukan presentasi 24 kabupaten di Sulsel. JICA memilih tiga kabupaten. Sedangkan PT IKI dan Balik Banda dipanggil guna melihat secara langsung pengelolaan kapal serta bagaimana melihat pelaku industri agar bisa dikembangkan di Sulsel,” kata Zul-kerap dipanggilkan.

Dia menyebut, kunjungan bersama rombongan akan membawa produk dari Sulsel untuk diperkenalkan, termasuk rumput laut, perikanan, garam. Begitupla potensi alam yang dimiliki mulai dari pariwisata hingga pertanian.

“Kunjungan kita kesana akan membawa potensi yang dimiliki Sulsel. Tujuannya bagaimana pelaku investor bisa tertarik berinvestasi di Sulsel. Sebab, potensi yang ada sangat banyak. Hanya saja, belum dikelola dengan baik. Dengan kunjungan ini diharapkan bisa melahirkan kesepakatan bersama antara investor dan pemerintah daerah terlebih lagi PT IKI,” ucapnya.

Zul berharap, dengan kunjungan ini, tiga kabupaten kota bisa memanfaatkan momentum yang berharga. “Dari 24 kabupaten yang ada Sulsel hanya tiga daerah yang dipilih pihak JICA untuk diminta berkunjung ke Jepang,” jelasnya.

“Memang JICA sengaja mengundang PT IKI ke Jepang. Sulsel memiliki banyak pulau, sehingga ketertarikannya untuk mengundangnya tak lain adalah mengunjungi pembuatan kapal di Jepang di kemudian hari mereka bisa melakukan kerja sama pembuatan kapal,” terangnya. (edo).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top