6 Gejala Ini Menandakan Ada yang Salah dengan Rahim Anda – FAJAR sulsel
Kesehatan

6 Gejala Ini Menandakan Ada yang Salah dengan Rahim Anda

FAJAR HEALTH – Manusia membutuhkan hormon yang ada pada tubuh untuk kelangsungan hidupnya. Namun terkadang hormon-hormon ini menyebabkan masalah tersendiri. Pada wanita, ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan beberapa hal yang tidak lazim.

Kondisi ketidakseimbangan hormon pria bernama androgen pada wanita ini disebut dengan nama Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau Sindrom Ovarium Polikistik.

Seperti dilansir Prevention.com, 15 persen wanita menderita gangguan ini, dan kebanyakan dari mereka tidak menyadarinya. PCOS juga seringkali menunjukan gejala yang berbeda-beda pada wanita.

Sebab itu, penting untuk mengenalinya sejak dini. Berikut beberapa gejala PCOS yang perlu anda cermati:

1. Menstruasi anda tidak teratur
Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir anda mens? Well, menurut Anuja Dokras, MD, direktur dari Penn Polycystic Ovary Syndrome Center, salah satu gejala dari PCOS adalah menstruasi yang tidak teratur. Tidak hanya tinggi akan hormon pria, indung telur dari penderita PCOS kesulitan memproduksi progesterone (hormon wanita) untuk mendapatkan siklus bulanan yang normal.

2. Anda sudah dewasa namun masih berjerawat hebat
Wajah penuh jerawat pasca puber adalah gejala lain dari PCOS, kata Dokras. Kelebihan hormon yang disebabkan oleh PCOS dapat menyebabkan seringkali menyebabkan hal ini.

3. Tumbuh rambut di wajah
Jika wajah, pipi dan area di atas bibir ditumbuhi rambut, maka anda perlu memeriksakan kondisi anda. Kondisi ini bernama hirsutism, salah satu gejala paling umum dari PCOS,

4. Anda sulit hamil
PCOS adalah penyebab utama ketidaksuburan pada wanita. Ketika tubuh tidak mampu memproduksi hormon wanita pada jumlah yang cukup untuk mendorong siklus bulanan yang sehat, hal ini dapat menyebabkan kista pada indung telur.

5. Kadar gula darah anda meningkat.
Meski belum begitu jelas, PCOS dikaitkan dengan resistensi insulin dimana tubuh kesulitan menggunakan insulin yang dapat berujung pada meningkatnya kada gula darah seseorang. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

6. Berat badan anda bertambah
Jika anda mengalami berat badan tanpa alasan yang jelas, PCOS adalah yang bertanggungjawab atas kondisi anda ini. Penderita PCOS umumnya mengalami kenaikan berat badan pada bagian atas tubuh dan perut.

(Fajar)

Original Article

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top