Outlook Ekonomi dan Bisnis 2017 – FAJAR sulsel
News

Outlook Ekonomi dan Bisnis 2017

Aminuddin-Amrullah

Oleh : Amiruddin Amrullah (Dosen Departemen Manajemen FEB UNHAS)

Sebentar lagi tahun 2016 akan berlalu dan kita akan masuk ke tahun 2017. Ada beberapa program dan peristiwa yang menarik terjadi di tahun 2016 diantaranya adalah penerapan Tax Amnesty atau pengampunan pajak dan yang baru saja dilakukan beberapa hari yang lalu adalah peluncuran uang rupiah desain terbaru.

Di akhir tahun ini, kementerian PPN/Bappenas juga memberikan gambaran tentang outlook perekonomian Indonesia untuk tahun 2017. APBN 2017 menetapkan asumsi target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,1 persen. Hal ini tentu saja dapat dicapai jika kebijakan pemerintah dalam memitigasi resiko ekonomi bisa dilakukan dengan efektif.

Ada beberapa tantangan internal (Domestik) dan eksternal yang harus dihadapi oleh pemerintah dalam mencapai target pertumbuhan ini. Salah satu dari tantangan internal itu adalah masih rendahnya pendapatan negara dari pajak, sedangkan di sisi yang lain, pemerintah Indonesia harus meningkatkan porsi anggaran belanjanya. Sektor yang paling banyak mengambil porsi dalam hal ini adalah infrastruktur.

Pemberian porsi yang lebih kepada infrastruktur terjadi karena pemerintah berusaha untuk memangkas kesenjangan antar daerah guna memacu pertumbuhan ekonomi. Untuk tantangan eksternal, ada dua negara yang cukup bisa mempengaruhi perekonomian Indonesia yaitu Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat (AS). Perekonomian RRT yang belakangan ini melambat dan diperkirakan akan terus terjadi hingga tahun depan. Ini tentu saja secara tidak langsung akan mempengaruhi perekonomian kita.

Oleh karena itu, pemerintah perlu mengantisipasi hal ini. Sementara itu, Amerika Serikat (AS) dengan presiden barunya– Donald Trump-tentu akan memiliki kebijakan ekonomi yang berbeda dengan presiden sebelumnya. Pemerintah harus menyikapi hal ini dengan menyiapkan kebijakan antisipatif agar dapat meminimalkan dampak negatif dari hal yang mungkin saja terjadi dimasa mendatang. Dari dunia bisnis, di tahun 2017 menurut kami ada beberapa bisnis yang akan masih dominan di masa mendatang:

1. Trend Bisnis E-Commerce

Bisnis e-commerce akan terus tumbuh seiring dengan makin majunya teknologi informatika dan makin cepatnya akses internet. Konten-konten marketing akan semakin banyak menghiasi dunia sosial media. Pemasaran lewat facebook, twitter, google+ dan lain-lain akan mengalami peningkatan. Pemasaran-pemasaran berbasis gambar seperti LAZADA, Tokopedia dan lain-lain akan semakin banyak dimanfaatkan.

2. Bisnis Kuliner atau Restoran

Bisnis yang satu ini tidak ada matinya karena berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia sehingga akan selalu dicari. Pemilik rumah makan harus terus berinovasi mengembangkan usahanya agar dapat bertahan sekaligus mampu bersaing dengan kompetitornya.

3. Trend Bisnis Properti

Pada bisnis properti akan semakin ramai dan sama halnya dengan bisnis kuliner dan fashion, usaha ini tidak pernah ada matinya. Kebutuhan akan tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan hidup yang akan selalu dicari dan dibutuhkan.

4. Trend Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba ini banyak dilirik oleh pebisnis. Utamanya pebisnis pemula yang masih minim pengalaman. Waralaba yang akan banyak diminati adalah bidang makanan utamanya fast food. Bila menjalankan bisnis waralaba makanan ini juga dengan cara online, besar kemungkinan akan dapat memberikan keuntungan yang besar. Demikian sekelumit outlook ekonomi dan bisnis untuk tahun 2017, semoga ke depan nantinya perekonomian Indonesia bisa semakin baik dan stabil. Juga semoga usaha bisnis akan semakin maju dan berkembang sehingga mampu memberikan kesejahteraan kepada rakyat Indonesia… amiin. (**)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top