Peta Kekuatan Basmin Kuat Juga di Walmas – FAJAR sulsel
News

Peta Kekuatan Basmin Kuat Juga di Walmas

Basmin-Mattayang

BELOPA — Peta kekuatan bakal calon bupati Luwu sudah bisa ditebak. Pilkada Luwu tanpa petahana memang menarik dicermati. Semua bakal calon yang mencuat ke permukaan leluasa ‘bermain’. Menggarap kantong-kantong suara ke bawah. Mereka pun optimis.

Dari beberapa balon bupati yang mencuat saat ini, nama Basmin Mattayang disebut-sebut punya kans yang besar untuk mendulang suara nantinya. Namun, bukan berarti balon lain tidak besar potensinya. Katakanlah balon seperti Buhari Kahar Mudzakkar (BKM), Amru Saher, Syukur Bijak, Bahrum Daido, dan Fathuddin.

”Tinggal bagaimana mereka memanfaatkan peluang yang ada ini, untuk menyentuh hati masyarakat,” terang Tanaka, mantan anggota DPRD Luwu, Rabu 21 Desember 2016, kemarin.

Namun, dari beberapa pengalaman dan realita yang terjadi di masyarakat, figur Basmin Mattayang punya kans yang besar mendulang suara di Walmas. ”Ini dari hasil pengamatan kami dari beberapa pesta demokrasi. Dan realita yang berkembang di masyarakat,” ujarnya.

Tanaka sejak ‘pensiun’ dari anggota DPRD Luwu, memang lebih banyak bergaul di tengah masyarakat. Lebih-lebih saat jadi anggota DPRD Luwu. ”Saya jalan di masyarakat, nama Basmin Mattayang masih melekat di hati mereka. Suara Basmin di Walmas ada memang. Suara ini tidak tergoyahkan. Biar diapakan,” terang politisi asal Partai Golkar Luwu ini.

Dari catatan Tanaka sendiri, suara Basmin di Walmas bisa menembus angka 17 ribuan. ”Kalau figur lainnya, ada suaranya di Walmas, tapi tidak terlalu signifikan,” kata dia.

Bagaimana dengan Syukur Bijak? Ia langsung mematok kalau suara Syukur Bijak di Walmas bisa tembus 20 ribuan. ”Ini riil,” katanya.

Kalau Amru Saher, ia belum bisa memprediksikan. Namun, dari pengamatan Tanaka, Amru Saher seorang politisi yang bermain tenang. ”Beliau ini sangat tenang. Ia akan goyang kalau sudah pasti ada di genggamannya. Ini yang berbahaya dan itu ada pada Amru Saher,” kata dia.

Kalau Buhari Kahar Mudzakkar begitu juga. Ada juga suaranya di Walmas, kemudian Bahrum Daido, dan bakal calon lainnya. ”Tapi ini semua terpulang kepada calonnya,” ujarnya.

Tanak sejak lengser dari anggota DPRD Luwu sudah bisa berpikir tenang dan mengamati dinamika politik dari luar. Apalagi Luwu mau menggelar pilkada.(ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top