Programkan Sertifikasi Gratis – FAJAR sulsel
News

Programkan Sertifikasi Gratis

Kilat Karaka Nakhoda Baru LPJK

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sulsel punya nahkoda baru. Andi Muhammad Kilat Karaka terpilih sebagai ketua pada pemilihan periode 2016-2020 di Grand Clarion Hotel & Convention Center, Rabu (21/12/2016). Pemilihan diikuti delapan perwakilan empat unsur (perusahaan, profesi, perguruan tinggi, pemerintah).

Usai terpilih Kilat Karaka mengatakan, program kerja utama yang akan dilakukan yakni sertifikasi tenaga kerja yang akan bekerja pada proyek sarana dan infrastruktur. “Saya akan memprogramkan sertifikasi secara gratis,” ujarnya seraya menambahkan, program lain yakni melakukan pendidikan dan pelatihan kepada tenaga kerja.

Kilat yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua LPJK Provinsi Sulsel menuturkan, ada beberapa program dari pengurus periode 2011-2015 yang mesti dilanjutkan. Semisal sertifikasi badan usaha, tenaga ahli, serta pelatihan.”Baru 10 persen dari total tenaga ahli kita di Sulsel yang tesertifikasi,” ujarnya.

Penambahan sertifikasi dianggapnya sangat penting. Sebab, ada banyak proyek infrastruktur yang menanti. Terutama pada 2017 mendatang. Tenaga ahli lokal mesti mendapat porsi besar.Ketua demisioner LPJK Provinsi Sulsel, Panguriseng mengaku yakin kepengurusan Andi Kilat mampu lebih berprestasi. Sebab, sudah ikut terlibat dalam semua program kerja kepengurusan sebelumnya.

Saat ini, LPJK Provinsi Sulsel membawahi 30 asosiasi perusahaan, 21 asosiasi profesi, 592 perusahaan konsultan, dan 6.883 perusahaan kontraktor. Sementara yang sudah diterbitkan adalah 7.425 Sertifikasi Badan Usaha (SBU), 4.675 Sertifikat Keahlian (SKA), dan 7.0060Sertifikat Keahlian Tenaga Kerja (SKTK). (edo)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top