Status Guru Honorer Belum Jelas – FAJAR sulsel
News

Status Guru Honorer Belum Jelas

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Status guru honorer di kabupaten dan kota se-Sulsel belum jelas. Padahal tersisa setengah bulan lagi pengalihan pengelolaan SMA-SMK ke provinsi. Dinas Pendidikan Sulsel tak akan menggunakan guru honorer sebelum ada regulasi yang mengaturnya.

Terutama terkait pembayaran gaji mereka. Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, sejauh ini pihaknya masih menunggu kejelasan legalitas honorer dari Badan Kepegawai Negera (BKN). “Kalau memang tidak jelas, kita maksimalkan saja guru organik,” kata None, sapaan Irman Yasin Limpo.

None tidak ingin mengambil langkah yang melanggar aturan. Disdik, kata None pada dasarnya siap menampung, asal ada kejalas legalitas. Termasuk sumber anggaran untuk pembayaran gaji mereka. “Sebenarnya kita mau tampung. Ini kan bisa mengurangi beban guru organik untuk proses belajar mengajar.

Tetapi kita tidak mau melanggar aturan,” pungkasnya. Pemprov Sulsel memang tidak mengalokasikan anggaran untuk gaji honorer tahun depan. Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang saat ditemui di Kantor Gubernur kemarin mengaku tidak tahu seperti apa penanganan guru honorer.

“Saya sendiri belum dapat laporannya. Mungkin Pak Sekda tahu,” singkat Agus. Kepala BKD Sulsel, Muh Tamzil juga mengembalikan persoalan honorer ke Disdik. “Kami tinggal menunggu laporan saja. Itu kan Dinas Pendidikan yang butuh. Jadi di sana penanganannya,” kata Tamzil.

Sebelumnya, Sekprov Sulsel, Abdul Latif mengakui tidak mengalokasikan anggaran untuk gaji guru honorer. Namun, jika aturan menyatakan gajai guru honorer menjadi tanggung jawab pemprov, maka pemprov siap mencarikan dana dari sektor lain. “Tetapi harus perjelas dulu, apakah memang guru honorer harus dialihkan atau tidak. Kalau pun ikut dialihkan ke provinsi, tentu tidak semua. Sesuai kebutuhan saja,” katanya. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top