Damkar Imbau Waspada Kebakaran – FAJAR sulsel
News

Damkar Imbau Waspada Kebakaran

-Pada Perayaan Natal dan Tahun Baru

PALOPO — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Palopo mengimbau masyarakat mewaspadai bahaya kebakaran menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Palopo, Drs Rachmad, M.Si menyampaian imbauan agar masyarakat untuk mewaspadai bahaya kebakaran menjelang perayaan Natal dan tahun Baru.

“Kami merasa perlu mengimbau karena menjelang hari besar keagamaan, aktifitas rumah tangga cenderung meningkat dibandingkan hari-hari biasanya,” kata Rachmad saat ditemui beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk dapat meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran dengan cara mengontrol kompor dan mematikan alat elektronik apabila sudah tidak digunakan lagi.
”Karena pemicu kebakaran bisa diakibatkan karena pemilik rumah terutama kalangan ibu rumah tangga yang lupa mengontrol kompor setelah memasak,” ujarnya.

Disamping itu penggunaan alat elektronik rumah tangga juga memiliki resiko tinggi terhadap kebakaran, karena kebanyakan peristiwa kebakaran terjadi berawal dari arus pendek listrik. Selain itu, penggunaan petasan ataupun kembang api yang memang sulit untuk dicegah.

Ia juga mengingatkan seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam menyalakan kembang api pada saat perayaan Tahun Baru nanti, karena dikhawatirkan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran.
Selain itu dikatakan Rachmad, pihaknya tetap seperti biasanya telah menyiagakan personil dan peralatan dalam upaya untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Untuk diketahui, armada Damkar saat ini memiliki 11 unit mobil operasional Damkar, yang terdiri dari 5 unit mobil pompa air, 1 unit mobil rescue, 1 unit mobil komando, 1 unit mobil semi pompa, dan 3 unit mobil pompa portabel, serta tambahan 1 unit mobil tangki dengan kapasitas 8.000 liter, dengan jumlah personil sebanyak 51 orang.

Idealnya, lanjutnya, untuk mengcover keseluruhan penduduk Kota Palopo, harusnya ada sekitar 6 sektor kantor pemadam kebakaran. Dimana setiap sektor itu harus memiliki masing-masing 1 unit mobil pompa, 1 unit mobil tangki, dan 1 unit bak penampungan air baku (Tandem Air).
Tetapi untuk saat ini, Kota Palopo baru memiliki 2 sektor kantor pemadam kebakaran yakni sektor utara dan sektor timur yang dalam hal ini masih tahap pembangunan.
“Agar jika terjadi kebakaran di setiap wilayah, petugas Damkar bisa secepat mungkin tiba di lokasi dan segera melakukan pemadaman api karena setiap wilayah ada kantor sektor yang berada di sana,” jelasnya lagi.

Meskipun jumlah personil Damkar jauh dari kata ideal, namun personil Damkar tetap melaksanakan tugas dan amanah kemanusiaan yang harus dijalankan dengan profesional.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top