Keren, Festival Kapurung di Luwu – FAJAR sulsel
News

Keren, Festival Kapurung di Luwu

*Meriahkan Hari Ibu ke-88 dan HUT DWP ke-17

BELOPA — Kreasi kaum Ibu di Kabupaten Luwu dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-88 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-17 Kamis, 22 Desember 2016 benar-benar keren dan luar biasa.

Betapa tidak, dipusatkan area parkiran kantor Bupati Luwu, digelar festival kapurung yang menjadi kuliner khas Bumi Sawerigading.
Bupati Luwu, HA Mudzakkar memberi apresiasi khusus kepada panitia pelaksana Hari Ibu ke-88 tingkat Kabupaten Luwu dan secara umum kepada para kaum ibu perwakilan SKPD Pemkab Luwu dan perwakilan 22 kecamatan yang mengikuti lomba festival kapurung dan menu pangan lokal.
“Keren sekali, festival kapurung yang dilaksanakan kaum ibu ini betul-betul menghidangkan menu kapurung yang nikmat luar biasa dan menyehatkan. Kuliner khas kapurung dan berbagai jenis makanan berbahan dasar sagu ini tidak kalah nikmat dengan kuliner dari daerah lain di Bumi Nusantara Indonesia. Sebagai bagian dari warga Luwu saya sangat bangga dengan kreasi kaum ibu,” ungkap HA Mudzakkar.

Dari pantauan harian Palopo Pos menyebutkan, Festival Kapurung yang digelar kaum Ibu di Ibukota Belopa, setidaknya ada sekitar 60 meja menghidangkan kapurung ditambah beberapa menu masakan lain berbahan dasar sagu, ikan laut, dan ikan tawar, udang, daging dan ayam, sayuran dan buah-buahan.

Dan setelah dilakukan penilaian langsung oleh Ketua TP-PKK Luwu, Hj Andi Tenrikarta Mudzakkar, Wakil Ketua TP-PKK Luwu, Hj Badriani Said Amru, Ketua DWP Luwu, Hj Agustina Syaiful, menu kapurung dan masakan lainnya langsung disantap oleh para pengunjung termasuk Bupati Luwu HA Mudzakkar, Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Insan, Pabung Kodim Mayor Inf Martinus Pagasing dan sejumlah pejabat eselon II dan eselon IIi lingkup Pemkab Luwu.

Bahkan, Bupati Luwu HA Mudzakkar dalam kesempatan tersebut langsung memboyong kapurung dari SKPD BPBD Luwu, Dinas TPHP Luwu dan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Luwu, dimana menu kapurung tersebut ada yang bercampur sayur pokko sagu, gami pisang muda, ikan teri dan udang.

“Sekali lagi, keren dan luar biasa nikmat kapurung yang dihidangkan ibu-ibu. Sukses panitia pelaksana dan terimakasih para peserta lomba festival kapurung yang sudah menghidangkan kapurung dan menyosialisasikan menu pangan lokal kita ini,” jelas Cakka sapaan akrab HA Mudzakkar.

Ketua Panitia Hari Ibu ke-88 dan HUT DWP ke-17, Ny Hj Hastati A Pangerang SE, MM didampingi Sekretarisnya Ny Nuraliah Suharkimin SE, M.Si mengatakan, Setelah dilakukan penilaian lomba festival kapurung dan menu pangan lokaloleh dewan juri, untuk tingkat SKPD, yang berhasil meraih juara I adalah dinas THP Luwu, disusul juara II Dinas Kelautan dan Perikanan Luwu, Sekretariat Daerah Luwu.

Untuk juara harapan I Dinas Kesehatan, Harapan II DPKD Luwu, dan Harapan III Bappeda Luwu sedangkanyang mnjadi juara favorit yaitu Inspektorat Kabupaten Luwu.

“Sedangkan untuk para juara ditingkat kecamatan yakni, juara I festival kapurung diraih kecamatan Bua, disusul kecamatan Walenrang (juara II), Bajo Barat (juara III), Walenrang utara (Harapan I), Belopa Utara (harapan II), dan Suli (juara harapan III), sedangkan juara favorit disabet kecamatan Larompong, ” Kata Hj Hastati A Pangerang dan Nuraliyah.(and/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top