Pemkab se-Luwu Raya Ikuti Capacity Building Bank Indonesia – FAJAR sulsel
News

Pemkab se-Luwu Raya Ikuti Capacity Building Bank Indonesia

*Mengenai Ekonomi Moneter dan Fiskal

PALOPO–Sejumlah pegawai pemerintahan mengikuti Capacity Building yang digelar Bank Indonesia di Hotel Agro Wisata, Kamis 22 Desember 2016. Kegiatan ini digelar untuk membangun sinergitas Pemda terkait Moneter dan Fiskal.

Wiwiek Sisto Widayat, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel dalam kesempatan tersebut mendorong Pemerintah untuk mengedepankan sektor unggulan daerah untuk meretas terjadinya kemiskinan dan pengangguran. Seperti misalnya sektor Pertanian, Perikanan dan Kelautan. “Bukannya mengandalkan sektor lain yang banyak kapital namun tidak menyerap tenaga kerja yang lebih besar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulsel Alfiker Siringoringo dalam materinya terkait Peran Optimalisasi Anggaran untuk Pembangunan. Dikatakan, dalam rumusan kebijakan daerah seharusnya memberikan dampak nyata pada masyarakat.

Diungkapkannya Arah Kebijakan Fiskal 2017 yakni Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja serta Mengurangi Kemiskinan dan Kesenjangan antar wilayah. Hanya saja banyak tantangan yang dihadapi oleh pemerintah daerah saat ini.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir yang turut hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan daya serap anggaran yang cukup tinggi yakni 1 Triliun lebih khususnya di Kota Palopo. Diungkapkannya ia tetap melakukan pengendalian makro ekonomi dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

Pada kegiatan ini juga digelar penukaran uang rupiah emisi 2016pada semua pecahan mata uang. Hal ini disambut antusias oleh peserta. (ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top