Prihatin, Lutim Belum Punya Lapas – FAJAR sulsel
News

Prihatin, Lutim Belum Punya Lapas

Hetlain-3

*Tahanan Jaksa, Numpang di Masamba

MALILI–Sejak berdirinya Kabupaten Luwu Timur (Lutim) sampai saat ini, daerah tersebut belum memiliki Rumah Tahanan (Rutan), atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), layaknya Palopo dan Luwu Utara (Lutra). Karena belum ada Lapas, tahanan yang sudah ditangani Kejari harus dititip di Lapas Masamba Lutra.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kondisi rutan masamba saat ini sudah melebihi kapasitas, atau mencapai kurang lebih 300 Nara Pidana (Napi). Idealnya, rutan Masamba hanya dapat menampung sekitar 150 orang sesuai dengan hitungan standar.

Inilah yang menjadi keluhan tersendiri Kejaksaan Negeri Lutim, sebab setiap jadwal sidang pihak kejaksaan harus menjemput dan mengantar tahanan asal Lutim dengan jarak Tempuh kurang lebih 4 jam. Hal itu tentu juga menjadi keluhan tersendiri bagi para tahanan setiap perjalanan sidang.

Kasi Intel Kejari Lutim, Dewa Ngakan Putu Andi Asmara SH, mengatakan, keluhan itu bukan hanya di rasakan pihak kejaksaan, tapi juga dirasakan para tahanan.

Menimbang banyaknya tahanan rutan asal Lutim, seharusnya Pemerintah Daerah (Pemda) pekah dan memperhatikan kendala tersebut.

“Para tahanan itu, adalah warga Lutim masa mereka dibiarkan seperti itu,”tandas Dewa, kepada Palopo Pos, Kamis, 22 Desember 2016.

Membludaknya tahanan asal Lutim di Lapas Masamba, dibuktikan ada dua kantor kejaksaan di Lutim yakni Kejari dan Kacabjari Wotu, sehingga perkara yang masuk tiap tahun terbilang cukup besar.

“Jadi kami berharap perintah daerah segerah memerhatikan persoalan ini,” kuncinya.(mg10/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top