Warga Digemparkan Kelahiran Anak Sapi Kembar 3 – FAJAR sulsel
News

Warga Digemparkan Kelahiran Anak Sapi Kembar 3

*Satu Ekor Mati, Dua Kondisi Sehat

WALMAS — Tiga ekor anak sapi kembar berjenis kelamin betina yang dilahirkan dari induk sapi jeni Bali milik Gres 45 tahun, warga Marabuana, Kecamatan Walenrang Utara (Walut) Kabupaten Luwu, menggemparkan warga yang ada di desa yang dikenal dengan sebutan Mamara itu.
Namun, sapi kembar tiga ini, dua diantaranya lahir dalam kondisi sehat sedang satu ekor mati.

Rabu, 21 Desember 2016, sekira pukul, 08.15 Wita, sapi milik Gress itu, melahirkan tiga anak. Karena mendadak, Gress, menjadi dokter hewan dadakan kemudian berusaha membantu proses melahirkan sapi milik itu.
Tiga anak sapi satu persatu secara berurutan dikeluarkan, hanya saja, Gress kebingungan saat ari-ari dari anak sapi tersebut masih tinggal didalam perut induknya.

“Ketika itupula saya langsung menghubungi mantri tani untuk membantu mengeluarkan ari-ari anak sapi yang masih ada dalam perut induknya. Sayang, setelah prosesnya selesai, satu dari tiga anak sapi yang dilahirkan sang induk, mati,”kata Gress, kepada Palopo Pos, Kamis, 22 Desember 2016.
Matri tani sekaligus Brigader Peternakan wilayah IV Walmas, Alimuddin SP, kepada Palopo Pos, mengatakan, sejak dirinya menjadi mantri tani, baru kali ini ia menemukan ada sapi yang melahirkan kembar tiga.

“Ini termasuk fenomena langkah. Tapi biasanya, ada yang melahirkan kembar dua, tapi satunya mati, tapi kali ini saya menemukan kembar tiga, satu mati dan itu hanya ada di Desa Marabuana Kabupaten Luwu,”beber Alimuddin.

Kejadian langka ini cepat menyebar dan membuat warga terus berdatangan ingin melihat dari dekat anak sapi tersebut.

“Induk sapi beserta dua anak yang dilahirkan ini, sudah kami berikan suntikan vitamin. Dan anak sapi yang masih berumur dua hari (terhitung kemarin, red), tetap dalam pengawasan kami,”tutup Alimuddin SP.(ded/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top