Pemuda Dituntut Menjaga Kearifan Lokal – FAJAR sulsel
News

Pemuda Dituntut Menjaga Kearifan Lokal

unnamed-31

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Makassar mengakhiri tahun 2016 dengan menyelenggarakan dialog kebangsaan dan mengusung tema “Kristalisasi Kearifan Lokal dalam Memperkuat Integrasi Kebangsaan”, Jumat (23/12/16).

Dialog ini menghadirkan beberapa pemateri Irjen Pol Dr Burhanuddin Andi SH, MH Koordinator Staf Ahli Kapolri Dr Sabri AR, akademisi Ryan Latief (Gubernur LIRA SUL-SEL), penggiat LSM, dan Arqam Azikin pengamat politik, di Dapoer Kopi (Eks. Rumah Kopi), Jl. Sultan Alauddin.

Burhanuddin Andi dalam materinya mengatakan, “Kearifan lokal pada saat ini sedang tergerus dengan budaya-budaya asing. Maka dari itu kita harus menjaga budaya yang kita miliki dengan cara bangga akan budaya yang kita miliki apalagi sebagai orang Bugis-Makassar yang memiliki budaya, beranekaragaman sebagai alat perekat bangsa”.

Kemudian Ryan Latief menambahkan, “Kondisi perpolitikan saat ini dalam keadaan tidak sehat dan pemuda dituntut turut andil di dalamnya dengan tujuan memperbaiki sesuai dengan konstitusi,” tandasnya.

Setelah itu, Arqam dalam materinya mengatakan anak mudah sekarang harus betul-betul memahami sejarah dan perpolitikan yang saat ini sangat liberal.

“Maka dari itu pemuda harus bergegas dengan keadaan sekarang untuk merebut kemerdekaan yang seutuhnya,”tuturnya.

Senada halnya yang diungkapkan Sabri, “Sulawesi-Selatan kaya akan dengan kearifan lokal, namun kita tidak pernah menggali dan memahami salah satu kultur yang kita miliki adalah ‘sipkatau’ yang saat ini dalam keadaan retak maka kita harus menjaga budaya yang kita miliki terutama pemuda yang memiliki karakter seutuhnya,” tutupnya (Rasak)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top