Kejaksaan Temukan Kerugian Negara Rp 300 Juta Pada Pembangunan Gedung SMKN 6 Bulukumba   – FAJAR sulsel
News

Kejaksaan Temukan Kerugian Negara Rp 300 Juta Pada Pembangunan Gedung SMKN 6 Bulukumba  

images

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Penetapan tersangka terhadap kasus dugaan korupsi pembangunan gedung SMK Negeri 6 Bulukumba hanya menunggu keterangan saksi. Kejaksaan Negeri Bulukumba bahkan telah menemukan kerugian negara hingga Rp300 juta dari total anggaran pembangunan Rp4,9 miliar tahun 2012 silam.

Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Bulukumba, Sarwanto mengungkapkan, jika hasil temuan pelanggaran dalam pembangunan gedung SMKN 6 Bulukumba sudah mencapai 85 persen.

Hanya saja, tersangka belum diumumkan ke publik karena masih ada kelengkapan berkas yang harus dipenuhi. Diantaranya, keterangan saksi untuk memenuhi dua petunjuk sebelum resmi menetapkan tersangka.

“Iya, belum ada tersangka. Kita masih mengumpulkan bukti-bukti dan memeriksa saksi,” ujar dia, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin, 26 Desember 2016.

Menurutnya, meski belum menetapkan tersangka, namun indikasi pelanggaran dalam pembangunan sudah ditemukan. Sebab, beberapa item pekerjaan yang tidak mengacu ke Rancangan Anggaran Belanja (RAB). Bahkan, jumlah kerugian negara telah ada yang mencapai Rp300 juta lebih. Sehingga setelah semua rampung, baru pengumuman tersangka akan dilakukan.

“Saya akan kabari jika sudah lengkap. Tunggu saja, kita masih melengkapi berkasnya,” katanya.

Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki mendukung penuh Kejaksaan Negeri Bulukumba memproses oknum sekolah yang terlibat penyelewengan keuangan negara. Sekolah, kata dia, seharusnya menjadi contoh dalam mengelola keuangan, apalagi anggaran pembangunan sekolah bersifat swakelola. Anggaran turun berdasarkan proposal yang diajukan sekolah melalui dinas terkait.

“Kami mendukung. Kalau ada temuan diproses. Jangan dibiarkan, kalau perlu diusut tuntas,” tandasnya. (*)

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top