KH Ma’ruf Amin: Ulama Punya Tanggung Jawab Bernegara – FAJAR sulsel
News

KH Ma’ruf Amin: Ulama Punya Tanggung Jawab Bernegara

KH-Maruf-Amin

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menegaskan para ulama punya tanggung jawab besar dalam berbangsa dan bernegara.

Tanggung jawab ini tidak boleh dikerjakan sendiri-sendiri. “Memang ada wilayah ulama yang sendiri-sendiri semisal mengurus pesantren. Tapi ada yang tidak mungkin dalam hal harus dilaksanakan bersama. Yaitu tanggung jawab keummatan, dan tanggungjawab kebangsaan dan kenegaraan,” ujarnya, dalam acara Ta’aruf dan Rakerda MUI Sulsel, di Hotel Sahid Jaya Makassar, Selasa (27/12/16).

Maka dari itu menurut Ma’ruf, dilahirkanlah orgaisasi ke-Islaman termasuk MUI sebagai representasi organisasi yang mengambil tanggung jawab itu, termasuk menjaga umat dan menjaga agama.

Ma’ruf mengambil contoh soal penistaan agama yang dilakukan Ahok yang pengusutannya adalah salah-satu cara menjaga umat.

“Untuk kasus itu bukannya MUI yang masuk ke ranah politik, tapi Ahok mencoba masuk ke ranah agama. Ini kita langsung tindaki karena dia tak punya kapasitas menjelaskan Islam. Dan penistaan itu kita usut untuk melindungi umat,” terangnya. (muhajir)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top